Dark/Light Mode

Sudah Tentukan Dukungan

Nah! Projo Ganjar Disebut Palsu Tuh

Minggu, 17 September 2023 08:00 WIB
Ketua Badan PemilihanPresiden Bapilpres DPP Projo, Panel Barus. (Foto: Istimewa)
Ketua Badan PemilihanPresiden Bapilpres DPP Projo, Panel Barus. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo resmi mendapatkan dukungan dari salah satu simpul relawan Presiden Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019.

Kelompok yang menamakan diri Relawan Pro Jokowi (Projo) menggelar deklarasi di Sekretariat Koordinasi Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo di Menteng, Jumat (15/9).

Relawan Projo yang memutuskan mendukung Ganjar mengubah namanya menjadi Projo Ganjar.

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Pemilihan Presiden (Bapilpres) DPP Projo, Panel Barus tegas memban-l5ah, sekelompok kecil relawan yang deklarasi mendukung Ganjar, bukan Projo asli.

Baca juga : Relawan Projo Pastikan Dukung Ganjar

"Saya tegaskan, itu Projo palsu. Tidak bisa mengatasnamakan DPP Projo pimpinan Budi Arie dengan Ketua Dewan Pembinanya Pak Jokowi," kata Panel, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Ditegaskan, secara organisasi, DPP punya mekanisme dalam menentukan kebijakan strategis. Khususnya, soal Capres-Cawapres. Saat ini DPP Projo tengah menggelar Konferensi Daerah (Konferda) di seluruh provinsi secara maraton.

"Sembari menjaring suara di daerah, kami juga masih menunggu arahan langsung Pak Jokowi," tandas Bendahara Umum DPP Projo ini.

Panel pun tak mau ambil langkah hukum dan klarifikasi kepada pihak-pihak yang mengaku-ngaku relawan Projo. "Biarkan saja. Artinya, Projo sangat dibutuhkan keberadaannya di gerbong manapun sehingga sampai-sampai diklaim," pungkasnya.

Baca juga : Ini Bentuk Dukungan Jasa Industri Untuk Hilirisasi

Senada, Sekjen DPP Relawan Pro Jokowi (Projo), Handoko juga membantah relawannya sudah melabuhkan dukungan kepada salah satu Capres. Dia tak tahu menahu, Projo yang merapat ke Ganjar dari kepengurusan mana.

"Jadi Projo yang benar itu sampai sekarang belum melabuhkan dukungan ke Capres manapun," tegas Handoko dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, ke- marin.

Dijelaskan, DPP Projo yang sah adalah yang Ketua Umumnya Budi Arie Setiadi yang kini menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan mengikuti dawuh Presiden Jokowi yang hingga kini masih belum memberi arahan.

"Dari dulu, hingga sekarang, arahan Pak Jokowi masih sangat jelas, ojo kesusu, ojo grusa grusu," tuturnya.

Baca juga : Sah! Majelis Syuro PKS Dukung Cak Imin Dampingi Anies Di Pilpres 2023

Ia menyebut, DPP Projo belum memikirkan langkah hukum soal klaim Projo pimpinan Haposan Simorangkir. Sebelumnya, Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres DPP PDI Perjuangan (TKRPP) mengapresiasi du- kungan Projo.

"Kami senang akhirnya kelompok relawan Projo realistis, bergabung bersama calon pemimpin Indonesia yang punya visi dan misi kebangsaan yang jelas, yang akan melanjutkan semua legasi presiden sebelumnya, Bapak Presiden Joko Widodo," kata Ahmad Basarah, di hadapan jajaran pengurus harian Projo pimpinan Haposan Simorangkir.

Wakil Ketua MPR ini mengatakan, bergabungnya Projo bersama PDI Perjuangan (PDIP) dan partai pendukung Ganjar lainnya ibarat kawan lama yang datang bersama lagi untuk berjuang bersama. Seperti saat Projo ikut mendukung Jokowi Widodo dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Sekretaris Dewan Penasihat Projo Ganjar, Sunggul Sirait mengatakan, Projo Ganjar baru terbentuk. Bermula dari kegelisahan sejumlah relawan Projo yang berbeda tujuan dan mencoba genit tidak mendukung Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.