Dark/Light Mode

Sambangi Padepokan Bagong Kussudiardja, Mendikbudristek Terima Aspirasi Pelaku Seni dan Budaya

Senin, 18 September 2023 20:36 WIB
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (kiri) bersilaturahmi dengan Butet Kertaredjasa sekaligus menerima aspirasi pelaku seni dan budaya Yogyakarta. (Dok. Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (kiri) bersilaturahmi dengan Butet Kertaredjasa sekaligus menerima aspirasi pelaku seni dan budaya Yogyakarta. (Dok. Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyambangi Padepokan Seni Bagong Kussudiardja dalam rangka kunjungan kerja.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk bersilaturahmi dengan Butet Kertaredjasa sekaligus menerima aspirasi pelaku seni dan budaya Yogyakarta.

“Saya bertemu dengan pelaku seni dan budaya di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja untuk menepati janji saya ke Mas Butet saat bertemu di anugerah peringatan Hari Pendidikan Nasional bulan Mei lalu," kata Mendikbudristek, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (18/9).

Beberapa topik didiskusikan, termasuk bagaimana Kemendikbudristek dapat memfasilitasi gagasan-gagasan untuk pemajuan kebudayaan.

Baca juga : Sambil Kangen-Kangenan, Mega Dan Gloria Arroyo Bahas Penghapusan Hukuman Mati

“Salah satu yang dibahas adalah bagaimana menginspirasi generasi muda, bahwa seni dan budaya bisa berperan dalam pengembangan diri. Tidak hanya untuk menjadi pelaku seni semata, namun juga untuk menjadi manusia dengan berbagai kompetensi lainnya. Saya ingin kurikulum kita ke depan mampu menumbuhkan rasa cinta pada kreasi, seni dan budaya,” kata Mendikbudristek.

Sejalan dengan pandangan Mendikbudristek, Butet mengatakan, Padepokan ini (Seni Bagong Kussudiardja) menggunakan kekuatan seni dalam proses pengembangannya. Seni tidak hanya menciptakan seniman.

"Seni itu jika terkoneksi dengan seseorang dapat berpengaruh positif terhadap caranya menjalani kehidupan," terang Butet.

Butet yang pernah menyaksikan penampilan Menteri Nadiem saat menjadi aktor utama dalam pertunjukkan teater, menilai bahwa pengalaman Menteri Nadiem terlibat dalam seni teater adalah salah satu yang membuat pencapaiannya sebagai menteri.

Baca juga : Cara Kenali Tenaga Pemasar Asuransi Berlisensi dan Terpercaya

Menurutnya, seni teater mengajarkan manusia untuk menghargai proses dalam kehidupan dan menghayati lakonnya.

Topik lainnya yang dibahas adalah tentang bagaimana arsip berperan sangat penting sebagai modal untuk mengembangkan kebudayaan hari ini dan masa depan.

Dan apa yang dapat dilakukan bersama, untuk mengelola arsip-arsip yang dimiliki maestro seni Indonesia.

"Karya seni akan hidup lebih lama dan mengispirasi generasi berikutnya jika didokumentasikan dengan baik. Kemendikbudristek selama tiga tahun terakhir tengah membenahi sistem pendataan kebudayaan melalui Data Pokok Kebudayaan agar lebih mudah diakses dan memberikan manfaat lebih luas," jelas Menteri Nadiem.

Baca juga : Dua Tahun Permendikbudristek PPKS, Kampus Lebih Siap Atasi Kekerasan Seksual

"Dana Indonesiana sebagai Merdeka Belajar episode Kedelapan Belas pun memberikan anggaran untuk kategori Kategori Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro," lanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.