Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Potensi Air Di Banjarnegara

Relawan Ganjar Milenial Center Latih Kaum Muda Cara Pembibitan Ikan Air Tawar

Senin, 25 September 2023 20:22 WIB
Pelatihan pembibitan ikan air tawar di Desa Sawal, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (24/9). (Foto: Ist)
Pelatihan pembibitan ikan air tawar di Desa Sawal, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (24/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Tengah mengajak kaum muda untuk mengembangkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Desa Sawal, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. 

Lewat pelatihan pembibitan ikan air tawar pada Minggu (24/9), GMC ingin merangkul kaum muda untuk bisa memberdayakan potensi SDA yang ada guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. 

"Ini salah satu bentuk pemanfaatan sumber daya alam bagaimana alam di sini adalah alam gemah ripah loh jinawi. Kami memanfaatkan sumber mata air ini untuk pembibitan ikan. Selain untuk hobi, juga untuk peningkatan perekonomian di desa," ujar Perwakilan GMC Jawa Tengah, Arifin Kusuma Wardani. 

Baca juga : Tawarkan Potensi Usaha, Relawan Wong Kito Ganjar Gelar Pelatihan Produksi Kripik Pisang Di Palembang

"Karena kami regenerasi perikanan ini kan cenderung yang melakukan yang tua-tua, ini adalah regenerasi salah satu bentuk kepedulian teman-teman GMC untuk mengembangkan potensi ekonomi melalui pembibitan ikan air tawar," lanjut dia. 

Kesempatan itu dimanfaatkan GMC untuk mengedukasi para peserta mengenai cara pembibitan ikan air tawar yang baik dan benar. 

Para peserta pun diajak terjun langsung praktik pembibitan ikan air tawar dengan melepas ratusan bibit ikan ke dalam kolam. Kemudian para peserta juga diajak melakukan praktik memberi pakan ikan.

Baca juga : Lestarikan Tradisi, Relawan Ganjar Gelar Lomba Voli Di Kabupaten Pulang Pisau

Dikutip dari baperlitbang.banjarnegarakab.go.id, komoditas perikanan yang diunggulkan di Kabupaten Banjarnegara meliputi ikan gurami, lele, patin dan nila. Hanya saja gurami dan nila kini menjadi komoditas utama dan ikon Banjarnegara di bidang perikanan. 

Kota Dawet Ayu tersebut mempunyai potensi sumber daya alam yang cukup besar seperti sumber daya lahan seluas 1.200 hektar dan sumber daya air yang melimpah. Sementara, sektor perikanan di Banjarnegara baru termanfaatkan sebesar 25%. 

Melalui pelatihan ini, GMC ingin mengajak milenial setempat untuk menyadari akan pentingnya hal itu agar dapat memanfaatkan lebih baik SDA yang ada ke depannya. 

Baca juga : Antisipasi Banjir Di Bandung Barat, Relawan Ganjar Padjajaran Adakan Kerja Bakti

Tak hanya bertujuan memajukan ekonomi masyarakat sekitar, lewat pelatihan ini GMC juga ingin mengajak warga untuk gemar mengonsumsi ikan. 

Sebagai informasi, ikan mengandung sumber protein yang tinggi untuk pertumbuhan tubuh. Dengan sering mengonsumsi ikan yang cukup, dapat membantu mencegah stunting pada anak. 

Kegiatan ini selaras dengan kebijakan Ganjar Pranowo selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode pada tahun 2013-2023. Selama kepemimpinannya, Ganjar diketahui sangat menggencarkan program-program yang berkaitan dengan penekanan angka kasus stunting di Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.