Dark/Light Mode

Erick Di Acara Tendangan Merdeka: Yang Menang, Yang Bisa Kolaborasi

Minggu, 13 Agustus 2023 08:15 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Dirut Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana saat membuka turnamen bola Tendangan Merdeka Fun Football, Sabtu (12/8). (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Dirut Rakyat Merdeka Kiki Iswara Darmayana saat membuka turnamen bola Tendangan Merdeka Fun Football, Sabtu (12/8). (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Merdeka sukses menggelar turnamen sepak bola mini, kemarin. Turnamen yang digelar dalam rangka HUT Rakyat Merdeka ke-24 dan HUT RI ke-78 itu, berlangsung meriah. Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang membuka acara ini berpesan: yang menang itu, yang bisa berkolaborasi.

Turnamen yang mengambil tema “Tendangan Merdeka Fun Football” itu, digelar di BRILiaN Stadium. Lapangan bola ini, berada di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Para peserta turnamen ini terdiri dari para wakil rakyat di Komisi VI DPR, para bankir, para legenda timnas dan keluarga besar Rakyat Merdeka.

Para peserta yang akan bertanding sudah datang sejak pukul 6 pagi. Acara sendiri baru dimulai pukul 7.30-an.

Acara dibuka oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Erick yang mengenakan kaos polo putih yang dibalut dengan rompi berwarna biru, disambut langsung oleh Direktur Utama Rakyat Merdeka, Kiki Iswara Darmayana dan Ketua Umum Himpungan Bank Negara (Himbara) yang juga Direktur Utama BRI, Sunarso.

Sementara, Dito sudah datang lebih dulu, 15 menit sebelum Erick. Dito tampil dengan setelan kaos putih yang dibalut rompi berwarna hitam dengan garis kuning.

Erick pun langsung menuju tribun. Kedatangan Erick langsung disambut Dito. Selain Dito, hadir juga para Anggota Komisi VI DPR: Herman Khaeron, Deddy Sitorus, Tommy Kurniawan dan Muhammad Husein Fadlulloh.

Baca juga : Sunarso Jago Bikin Gol

Acara yang dipandu selebriti kondang Rico Ceper dan Pemred RM.id Firsty Hestyarini ini, resmi dimulai sekitar pukul 7.45. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Utama Rakyat Merdeka, Kiki Iswara Darmayana.

Kiki mengatakan, sepak bola identik dengan kebersamaan, kegembiraan, dan sportivitas. Rakyat Merdeka sudah beberapa kali menggelar event sepak bola. Misalnya, dengan tim Kedutaan Besar (Kedubes) Australi, Rusia serta antar partai politik.

"Pada Tendangan Merdeka Fun Football, setiap tim, pemainnya adalah gabungan dari seluruh komponen instansi dan perusahaan agar tercipta kekompakan dan kebersamaan. Pemain juga bisa bermain dengan leluasa. Mereka bisa menendang dengan bebas merdeka. Benar-benar fun football," kata Kiki.

Turnamen ini diikuti oleh empat tim, yakni Tim Macan, Harimau, Singa, dan Jaguar. Keempat tim tersebut beranggotakan perwakilan Rakyat Merdeka, PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, anggota Komisi VI DPR, dan bankir dari Himbara. Beberapa pemain profesional yang juga legenda sepak bola nasional ikut bermain, seperti Peri Sandria, Ruly Nere, Rachmat Affandi, dan Agus Supriyanto.

Menutup sambutannya, Kiki mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Khususnya kepada PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komisi VI DPR, dan Himbara. Menurut Kiki, dukungan ini menambah semangat Rakyat Merdeka untuk ikut menggelorakan hidup sehat dengan cara berolahraga.

Erick yang menyampaikan sambutan setelah Kiki, mengapresiasi keputusan Rakyat Merdeka yang memilih sepak bola sebagai ajang memperingati HUT ke-24 dan dan HUT RI ke-78. Apalagi, 73 persen masyarakat Indonesia cinta sepak bola dibanding olahraga lain.

"Semua rekan-rekan Rakyat Merdeka telah memberanikan diri menentukan pilihan melalui tendangan yang merdeka," katanya.

Baca juga : Dade Marhaendra, Anak Mendiang Rachmawati, Dukung Ganjar Pranowo

Erick kemudian menyinggung soal kondisi ekonomi dunia. Menurut Erick, dalam HUT RI ke-78, Pemerintah terus berupaya melanjutkan Indonesia Maju. Hanya saja, sedang terjadi dinamika global seperti pelambatan ekonomi China dan perang Rusia-Ukraina yang membuat harga pangan melambung.

Namun, Erick yakin, Indonesia bisa menghadapi situasi tersulit sekalipun. Hal itu terbukti dari rekam jejak Indonesia yang selalu sukses dengan instrumen kolaborasi dan peduli. Capaian ekonomi pun selalu tumbuh di atas 5 persen dalam 7 kuartal berturut-turut.

Kolaborasi dan peduli ini tercermin dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola. "Saya yakin, tim yang menang, yang kolaborasinya bagus," tutur Erick.

Ia mencontohkan, ada pelajaran yang bisa diambil saat pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Argentina. Saat itu, terjadi duel sengit antara Asnawi Mangkualam dengan Alejandro Garnacho.

Saat pertandingan, penyerang sayap Tim Tango ini kerap mendapatkan tekel keras dari bek yang kini bermain di Jeonnam Dragons. Namun, setelah pertandingan selesai, keduanya berjabat tangan dan saling memuji.

"Inilah kenapa olahraga bisa menjadi alat persatuan dan nasionalisme yang harus kita jaga," pesan Erick.

Erick mengatakan, saat ini dirinya dan Menpora tengah mengemban tugas berat, yakni mensukseskan Piala Dunia U-17. Selain sebuah sejarah, Erick menilai Piala Dunia U-17 sangat penting untuk kelanjutan Timnas Indonesia. Sehingga, persiapan komposisi skuad Garuda muda menjadi sangat penting untuk kejuaraan dunia berikutnya.

Baca juga : LPEI Sinergi Dengan SMI, Terbitkan Bank Garansi

Menurut Erick, selain membuktikan kualitas Indonesia di ajang dunia, Piala Dunia U-17 juga bisa menjadi momentum pemersatu di tengah tensi politik yang semakin memanas jelang Pemilu. "Mohon dukungannya, saya dan Menpora punya waktu 89 hari. Jadi mudah-mudahan kita bisa menyukseskan kejuaraan dunia U-17," pinta Erick.

Acara kemudian dimulai dengan kick off dan penandatanganan bola dan jersey oleh Erick dan Dito. Setelah itu, pertandingan dimulai. Pertandingan berlangsung meriah dan penuh gelak tawa karena Rico Ceper memandu pertandingan dengan kalimat-kalimat kocaknya.

Setelah berlangsung hampir dua jam, turnamen dimenangkan Tim Singa yang dipimpin Ketua Himbara, Sunarso. Kegembiraan Sunarso semakin lengkap karena dia berhasil mengangkat trop menjadi pencipta gol terbanyak dengan lima gol.

Sementara, tropi pemain terbaik jatuh kepada Anggota DPR Tommy Kurniawan. Sedangkan, kiper terbaik disabet oleh perwakilan Kemenpora.

Event yang rencananya akan digelar tahunan ini, didukung Kemenpora, PSSI, Komisi VI DPR RI, Himbara, BRI, Bank Mandiri, PLN, BSI, Pupuk Kaltim, PNM, Gulaku & JJ Royal Coffee. BNI, BTN, Artha Graha Peduli & Artha Graha Net- work, Samsung, Smartfren, Danone Indonesia, McDonald's, serta Frisian Flag juga memberikan dukungan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.