Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Latih Warga Olah Limbah Rumah Tangga

Relawan Ganjar Milenial Center Sumbar Ubah Sampah Jadi Berkah

Minggu, 1 Oktober 2023 12:06 WIB
Ganjar Milenial Center GMC Sumatera Barat mengadakan pelatihan pembuatan kompos bio enzim bersama puluhan masyarakat di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (30/9).
Ganjar Milenial Center GMC Sumatera Barat mengadakan pelatihan pembuatan kompos bio enzim bersama puluhan masyarakat di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (30/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia merupakan negara dengan penyumbang penumpukan sampah terbesar. Salah satu penyumbang limbah terbesar berasal dari limbah rumah tangga (62 persen), dimana komposisinya beras dari sisa makanan pengolahan pangan atau biasa disebut sebagai sampah organik (44 persen).

Bahan-bahan organik dari sampah organik tersebut selama ini belum dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Padahal bahan-bahan organik dari sampah organik ini mempunyai potensi yang besar untuk dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna dan bisa mempunyai nilai ekonomi yang cukup besar.

Untuk itu Ganjar Milenial Center (GMC) Sumatera Barat mengadakan pelatihan pembuatan kompos bio enzim bersama puluhan masyarakat di Jalan Raya Ampang, Kuranji, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (30/9).

Baca juga : Relawan Ganjar Muda Padjajaran Renovasi Sekaligus Resmikan Lapangan Voli

Koordinator GMC Sumatera Barat Galant Mahkota mengakatakan manfaat dari kegiatan pelatihan tersebut yang berguna untuk keperluan rumah tangga.

"Kegiatan ini berguna untuk masyarakat, dimana GMC Sumatera Barat melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik yang dinamakan bio enzim, cairan sejuta manfaat karena bisa digunakan di rumah maupun pertanian," kata Galant.

Galant melihat masih banyak masyarakat yang belum peduli terhadap kondisi sampah yang terjadi di Kota Padang. Padahal, apabila sampah tersebut bisa dikelola dengan baik, dapat memberikan dampak positif serta berguna bagi lingkungan sekitar.

Baca juga : Relawan Wanita Nelayan Ganjar Gelar Pelatihan Dan Bantu Produksi Keripik Kelapa

"Kami melihat banyak masyarakat masih acuh terhadap hasil olahan sampah rumah tangga. Maka, hari ini sekaligus momen kita dalam meningkatkan kepedulian terhadap kondisi sampah dan bagaimana soulsi dalam menanggulanginya, salah satunya dengan bio enzim ini," jawab Galant.

Oleh karena itu, kegiatan ini kata Galant penting dilakukan sebagai upaya dalam menumpuknya sampak akibat rumah tangga.

Dengan demikian, Galant berharap masyarakat bisa mengaplikasikan ilmu dalam memanfaatkan bio enzim di rumah masing-masing dan dipakai untuk keperluan rumah tangga.

Baca juga : Relawan Ganjar Milenial Jatim Gelar Latihan Servis Motor Untuk Pemuda

"Semoga masyarakat Padang bisa mengurangi sampah rumah tangga dan bisa memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi cairan bio enzim dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.