Dark/Light Mode

Kini, Isu PKI Jadi Melempem

Senin, 2 Oktober 2023 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) hormat saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU)
Presiden Joko Widodo (tengah) hormat saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu PKI yang sempat ramai beberapa tahun belakangan, kini jadi melempem. Di dunia nyata maupun dunia maya, sudah tidak ada lagi yang ributin soal PKI. Padahal, biasanya setiap menjelang 30 September dan 1 Oktober, selalu saja isu PKI ini viral atau trending. Apa isu PKI sudah tidak seksi lagi di Pilpres kali ini?

Minggu, (1/10/2023), Presiden Jokowi menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta. Mengenakan jas hitam, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Presiden dan Wakil Presiden ditemani istrinya masing-masing: Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin.

Baca juga : Pagi Ini, Rupiah Masih Melemah

Hadir pula Menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian tampak pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Upacara diawali dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan mengheningkan cipta. “Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang-pejuang bangsa, terutama pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” ajak Jokowi.

Baca juga : Pagi Ini Rupiah Kembali Melesat, Tembus Rp 14.857

Dalam upacara ini, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti bertugas membacakan teks Pancasila. Sedangkan naskah Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 dibacakan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan doa yang dibawakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Usai melaksanakan upacara, Jokowi yang didampingi Ma’ruf meninjau sumur lubang buaya dan sejumlah bangunan bersejarah lainnya. Akhirnya, seremonial peringatan Hari Kesaktian Pancasila selesai.

Baca juga : Kinerja Kinclong, Bank DKI Jadi BUMD Terbaik 2023

Bagaimana dengan isu PKI? Sayangnya, sejak akhir September hingga peringatan Hari Kesaktian Pancasila, isu PKI ini tak seheboh seperti tahun-tahun sebelumnya. Jelang Pilpres 2019 lalu, isu PKI begitu rame diperdebatkan. Sementara saat ini yang juga memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024, isu PKI sudah melempem.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.