Dark/Light Mode

Kini, Isu PKI Jadi Melempem

Senin, 2 Oktober 2023 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) hormat saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU)
Presiden Joko Widodo (tengah) hormat saat memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU)

 Sebelumnya 
Apakah isu PKI sudah tidak seksi lagi? Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis Agung Baskoro membenarkan, isu PKI melempem dibanding Pilpres 2019. Menurutnya, saat ini masyarakat sudah cerdas dalam memilih kriteria pemimpin di masa depan. “Pemilih lebih fokus ke figur. Soal kapasitas, rekam jejak, kemampuan logistik, dan hal lain yang menyertai seorang sosok,” ulas Agung saat dihubungi, Minggu (1/10/2023).

Di sisi lain, masyarakat juga semakin kritis dalam memahami informasi. Sehingga relevansi isu PKI menjadi kurang pas di tengah masalah ekonomi yang sehari-hari dihadapi.

Menurut Agung, isu yang bakal dijadikan bahan dagangan dalam Pilpres kali ini adalah stabilitas harga sembako, meningkatkan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan. Selain soal lingkungan, sampah, polusi udara, kemacetan, atau banjir yang intensif dialami masyarakat kota bila para Capres ingin menyasar kelas menengah ke atas.

Baca juga : Pagi Ini, Rupiah Masih Melemah

Sementara, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, aktor yang mengolah isu PKI sudah kapok, karena tak laku dijadikan dagangan politik. Sebelumnya sangat terlihat siapa yang mainkan isu PKI, karena menyerang calon lain.

Namun, hari ini isu yang berkembang erat kaitannya dengan persoalan perut. “Isu yang merakyat dan melanjutkan program Jokowi. Sementara dari kubu Anies-Imin lebih banyak mengkritik Jokowi, meski tanpa solusi,” pungkas Adi.

Di dunia maya, bahkan banyak warganet yang bertanya kenapa isu PKI sudah tidak ada yang meributkan lagi.

Baca juga : Pagi Ini Rupiah Kembali Melesat, Tembus Rp 14.857

“Tumben tanggal 30 September sepi-sepi aja. Nggak ada yang nonton G30S PKI apa?” cuit @yusuf_dumdum. “Pak Gatot kemana yaaa ? Pak, ini sudah hampir habis momen PKI nya pakk..” ledek @Dennysiregar7. “Untuk September tahun 2023 sementara libur,” balas @gunawan_wibiz. “Tahun ini absen dulu, lagi sibuk merangkul denhan berbagai jalur,” timpal @leodripranowo.

“Tahun ini kok sepi yang teriak-teriak PKI, jangan-jangan. Nggak bahaya ta,” cuit @Afa_abz12. “PKI sudah tamat. Yang ada cuma maling teriak maling,” cetus @chandra_6813. “Jualan PKI sudah basi dan gak laku lagi cuk!” sahut @benmikir.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 2/10/2023 dengan judul Kini, Isu PKI Jadi Melempem

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.