Dark/Light Mode

4 Ribu Polisi Jaga KTT AIS Forum, Begini Pengamanan Ring 1 Sampai Ring 3 di Bali

Senin, 2 Oktober 2023 21:58 WIB
Caption Foto: Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra memberikan keterangan terkait persiapan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi KTT Forum Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States AIS Forum di Denpasar, Bali, Senin (2/10). (Foto: ANTARA/Rolandus Nampu)
Caption Foto: Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra memberikan keterangan terkait persiapan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi KTT Forum Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States AIS Forum di Denpasar, Bali, Senin (2/10). (Foto: ANTARA/Rolandus Nampu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Daerah (Polda) Bali mengerahkan 4.000 personel untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Nusa Dua, Badung, Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali, Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra, Senin (2/10) di Denpasar, Bali.

Personel yang disiagakan tersebut, katanya, akan memperkuat personel dari Markas Besar Polri dan juga TNI.

Baca juga : Airlangga Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi RI-Selandia Baru

"Itu (pengamanan KTT AIS Forum) dikendalikan pusat. Kita di sini sebagai backup dengan Pangdam Udayana. Kita backup sesuai porsi masing-masing dengan 4.000 personel," kata Kapolda Bali Kade Narendra, Senin (2/10).

Dia mengatakan pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terkait berbagai persiapan menjelang forum tersebut.

Berbagai peralatan untuk menunjang pengamanan pertemuan internasional itu pun telah mulai didistribusikan dari berbagai tempat menuju Bali, baik dari Polri maupun TNI.

Bali Kondusif

Baca juga : Teknologi MICS, Penanganan Jantung Dengan Luka Sayatan Minimal

Menurut Kapolda, situasi Bali saat ini masih dalam keadaan kondusif dan secara umum tidak ada hal-hal menonjol yang menjadi perhatian khusus dari pihak Kepolisian maupun dari TNI.

Pengamanan Ring 1 Sampai Ring 3

Kapolda menjelaskan untuk pola pengamanan pertemuan KTT AIS Forum 2023 dilakukan seperti pengamanan KTT G20 pada November 2022 dengan skema tiga ring pengamanan.

"Kemarin (Minggu) juga sudah dirapatkan pengamanan delegasi. Tentunya akan ada ring 1, ring 2, ring 3 persisnya sesuai G20," kata dia.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan, Pembangunan IKN Nusantara Tetap Berjalan

Selain mematangkan persiapan personel pengamanan, Polda Bali juga telah melakukan pengecekan awal persiapan tempat-tempat yang akan digunakan sebagai venue KTT AIS Forum.

Selain diikuti oleh negara partisipan, KTT AIS Forum juga akan dihadiri oleh Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dan Kelompok Negara Melanesia (MSG). KTT akan membahas isu-isu global yang berkaitan dengan kelautan dan mengusung tema, "Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama".

"Venue-venue kemarin sudah siap semua. Kendalinya nanti ada di internasional, TNI, Polri," tutupnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.