Dark/Light Mode

Hari Santri 2023, Kemenag Fasilitasi Pembuatan Papan Tombol Virtual Aksara Pegon

Rabu, 4 Oktober 2023 20:14 WIB
Menjelang Hari Santri 2023, Kemenag menggelar pembuatan papan tombol virtual aksara pegon untuk perangkat digital. (Foto: Istimewa)
Menjelang Hari Santri 2023, Kemenag menggelar pembuatan papan tombol virtual aksara pegon untuk perangkat digital. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama menggelar Diskusi dan Lokakarya yang diselenggarakan dari 2 sampai 5 Oktober 2023.

Rangkaian peringatan Hari Santri 2023, telah dihasilkan sebuah produk Papan Tombol Virtual Aksara Pegon yang kelak bisa digunakan sebagai alternatif sarana menulis pada platform digital, seperti perangkat selular (smartphone) dan berbagai jenis perangkat komputer (laptop dan PC).

Baca juga : Telkomsel Perkuat Layanan Pelanggan Virtual Veronika Dengan AI

Aksara Pegon adalah aksara Arab yang digunakan untuk menulis bahasa-bahasa daerah di Indonesia, seperti Bahasa Jawa, Sunda, dan Madura dengan tambahan huruf-huruf untuk mewakili fonetis bahasa-bahasa tersebut.

Kehadiran aksara Pegon di Indonesia erat kaitannya dengan proses penyebaran dakwah agama Islam pada era Walisongo.

Baca juga : Sultan, Korban Kabel Menjuntai Sudah Bisa Bicara

Mula-mula aksara Pegon digunakan untuk menuliskan teks-teks keagamaan, seiring perkembanganya aksara Pegon juga digunakan untuk surat-menyurat hingga kebutuhan dekoratif seperti merk produk, display dekorasi, papan nama jalan dan perkantoran.

Aksara Pegon masih eksis dan masif digunakan sampai saat ini terutama di dalam tradisi pesantren untuk keperluan penerjemahan (maknani/ngalogat) kitab-kitab berbahasa Arab.

Baca juga : Hadir Di PIK, Ini Fasilitas Toyota GR Garage

Team kerja yang akhirnya berhasil mengembangkan papan tombol virtual aksara pegon ini terdiri dari: Dr. KH Ahmad Ismail, Dr. Bisyron Wahyudi, Heru Nugroho, Diaz Nawaksara, Ronny Lantip, Arif Budiarro dan Amelya Nugroho.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.