Dark/Light Mode

Pilpres Diprediksi 2 Putaran

Pengamat: Duet Ganjar-Yenny Mampu Tandingi Prabowo

Selasa, 10 Oktober 2023 20:52 WIB
Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid. Foto: Istimewa
Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai sosok Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid patut dipertimbangkan partai politik pengusung Ganjar Pranowo untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024.

Menurut Ujang, Ganjar akan diuntungkan jika nantinya lolos di putaran kedua head to head melawan Capres Gerindra Prabowo Subianto.

"Jika Yenny Wahid jadi Cawapres Ganjar, putaran kedua Pilpres akan dimenangkan. Apabila ini nantinya berhadapan dengan Prabowo Subianto," kata Ujang di Jakarta, Selasa (10/10).

Baca juga : Ganjar Disebut Didukung Jokowi

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengasumsikan dua pasangan, yaitu Ganjar dan Prabowo akan lolos di putaran kedua. Ini, berdasarkan potret dari berbagai lembaga survei. Keduanya konsisten berada di urutan teratas dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Maka menurut saya kalau yang bertarung di putaran kedua nanti Ganjar vs Prabowo, suara AMIN (Anies-Muhaimin) saya kira akan bergeser ke Prabowo. Dengan adanya Yenny Wahid di kubu Ganjar, maka suara PKB itu kemungkinan besar akan bergeser ke Ganjar. Suara Gusdurian juga dipastikan full ke Ganjar," ucapnya.

Di samping itu, lanjut Ujang, Yenny Wahid sendiri memiliki basis suara akar rumput terutama dari kalangan kiai, santri, Gusdurian dan NU.

Baca juga : Keluarga Besar Putra Putri Polri Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

"Yenny Wahid yang memiliki garis keturunan dari Nahdlatul Ulama (NU). Yenny bukan hanya dekat dengan NU, tapi dia merepresentasikan NU itu sendiri," ucapnya.

Di sisi lain, Yenny yang keluarga besarnya berada di Jawa Timur disebut menjadi salah satu pertimbangan. Sebab, Jatim merupakan salah satu provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak.

"Suara di Jawa Timur ini kan yang menjadi rebutan bagi banyak pasangan calon, di samping empat provinsi lainnya. Dengan adanya Yenny Wahid sebagai Cawapres maka akan menambah peluang kemenangan bagi Calon Presiden," tutup dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.