Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Relawan Usbat Ganjar Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Bareng Warga Di Medan

Rabu, 11 Oktober 2023 08:07 WIB
Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Ustadz Sahabat Usbat Ganjar gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga di Jalan Bersama Pertiwi, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Selasa (10/10). (Foto: Ist)
Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Ustadz Sahabat Usbat Ganjar gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga di Jalan Bersama Pertiwi, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Selasa (10/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar, terus bergerak melakukan kegiatan positif bersama masyarakat.

Kali ini, mereka melakukan gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga di Jalan Bersama Pertiwi, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan pada Selasa (10/10).

Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kota Medan, Ahmad Dairobi Butar Butar mengatakan tujuan mengadakan bersih-bersih lingkungan tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan memasuki musim hujan.

Dia menyebutkan, saluran air di lingkungan tersebut kondisinya kotor dan banyak sampah, hingga kerap menyebabkan genangan air yang bau menyengat dan banjir saat hujan.

Baca juga : Bertemu Dengan Relawan Se-Tasikmalaya, Ganjar Dapat Masukan Hingga Cendera Mata

"Tujuan melaksanakan kegiatan hari ini supaya di lingkungan ini bersih apalagi saat ini kan musim hujan. Banyak parit-parit yang tersumbat sampah, maka supaya tidak terjadi banjir inisiatif kami membersihkan lingkungan," ujar Ahmad di lokasi.

Sebelum dibersihkan oleh sukarelawan Usbat Ganjar dan warga, saluran air yang berada di lokasi kegiatan gotong royong dipenuhi sampah dan rumput liar di sepanjang jalan.

Selang berapa lama setelah dibersihkan, kondisi Jalan Bersama Pertiwi langsung bersih dan saluran airnya tidak terdapat sampah lagi.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, serta ada gunanya untuk masyarakat," ucap Ahmad.

Baca juga : Ganjar Berziarah Dan Diskusi Bareng Ulama Soal Pendidikan Pesantren

Dengan adanya gotong royong pembersihan lingkungan itu, diharapkan masyarakat dapat menjaga bersama kebersihan di lingkungan sekitar agar saat musim hujan tiba, banjir bisa direda.

Ahmad pun mengimbau warga sekitar untuk tidak membuang sampah sembarang, terutama mengurangi perilaku membuang sampah ke saluran air yang berdampak buruk terhadap irigasi.

"Jagalah lingkungan kita karena sampah-sampah yang ada di rumah tangga jangan dibuang ke parit-parit karena sudah disiapkan tong-tong sampah dan pengangkutan sampah sudah dilaksanakan," imbau Ahmad.

"Kita harapkan pada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan ya. Karena dampaknya adalah kepada masyarakat itu juga karena akan terjadi banjir, penyumbatan-penyumbatan," lanjutnya.

Baca juga : Relawan Ganjar Milenial Salurkan Air Bersih Dan Ratusan Tandon Ke Warga Towale

Sebagai informasi, Usbat Ganjar juga memberikan bantuan alat pemotong rumput untuk warga. Harapannya, warga dapat melakukan gotong royong secara rutin sehingga lingkungan lebih terjaga kebersihannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.