Dark/Light Mode

Indonesia’s Road To COP28

CEO Rakyat Merdeka: Anak Muda Berperan Penting Wujudkan Nol Emisi

Kamis, 12 Oktober 2023 14:35 WIB
CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, generasi muda punya peran penting dalam mewujudkan cita-cita nol emisi pada 2060. 

Hal tersebut dikatakan Kiki pada acara Indonesia’s Road to COP28 di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). 

Acara yang mengambil tema “Youth Event: Reimagining a Greener Indonesia With Youth-Led Action” ini dihadiri Wakil Menteri LHK Alue Dohong, Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) KLHK Agus Justianto, dan Founder Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian. Acara juga dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. 

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Kenya Meriahkan HUT RI Dengan Budaya Betawi Dan Minang

Kiki menjelaskan, mewujudkan nol emisi, diperlukan pengembangan teknologi hijau dan energi alternatif. Di bidang kehutanan target dimanifestasikan dalam Indonesia FOLU Net-Sink 2030, sebagai bukti keseriusan Indonesia dalam upaya menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

Sedangkan di sektor Energi, kata dia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah memiliki peta jalan hingga tahun 2060 melalui penggunaan teknologi dan sumber energi yang ramah lingkungan. 

"Anak muda bisa menjadi katalisator bagi proyek-proyek strategis yang ada," tutur Kiki. 

Baca juga : Indonesia Jajaki Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan Dengan Oman

Ia pun memberikan apresiasi kepada ratusan anak muda yang hadir dalam acara ini. "Mereka yang hadir saat ini adalah yang peduli, yang ingin berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia lebih baik di masa depan," pujinya. 

Indonesia’s Road to COP28 Uni Emirat Arab adalah acara yang diinisiasi Rakyat Merdeka dan Society of Renewable Energy (SRE). Acara ini menghadirkan 24 delegasi yang berbicara mengenai Road to Cop28. 

Dari 24 tersebut, 9 di antaranya adalah pegiat isu lingkungan, iklim kehutanan dan energi baru terbarukan di Indonesia, baik itu dari Desa Bumi, Green Leadership Indonesia, Carbon Ethic, Gerilya, Solar Chapter, dan FPCI. 

Baca juga : Ulama Indonesia Asal Tidore Berperan Penting Sebarkan Islam Di Cape Town

Di acara ini, anak muda tak hanya berbicara, tapi juga memberikan aksi nyata. Salah satunya melalui penandatanganan kerja sama antara SRE dan Desa Bumi dari Yayasan Mochamad Thohir dalam penyediaan energi bersih, melalui program Akselerasi Transisi Energi dengan Inklusif (AKTIF). Kerja sama antara SRE dengan Desa Bumi, untuk memberikan akses listrik ke wilayah hutan adat, hutan sosial atau wilayah yang memiliki kegiatan ekonomi kreatif.

"Rakyat Merdeka selalu bangga berkolaborasi dengan generasi muda. Menyaksikan mereka tumbuh berkembang menjadi agen perubahan di tengah-tengah kondisi global yang semakin dinamis," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.