Dark/Light Mode

Gempa Tektonik Magnitudo 5,0 Guncang Sumba Timur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Kamis, 12 Oktober 2023 18:14 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/10). (Foto: Google)
Ilustrasi pusat gempa di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/10). (Foto: Google)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pantai Selatan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, diguncang oleh gempa tektonik berkekuatan M5,0 pada Kamis (12/10) sore pukul 16.30 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menganalisis kejadian ini. Dari laporan BMKG, episenter gempabumi terletak di laut, 14 km arah Barat Laut Karera, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, pada kedalaman 34 km.

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta, BMKG: Tidak Ada Potensi Hujan, Suhu Panasnya Segini

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono mengatakan gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi, dengan mekanisme pergerakan turun atau normal fault.

"Dampak gempabumi ini dirasakan di daerah Sumba Timur dengan intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," kata Daryono dalam keterangannya, Kamis (12/10). 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5.6 Di Kaimana Papua Barat, Belum Ada Info Korban Jiwa

Namun, BMKG menegaskan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 16.46 WIB, tidak ada aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Baca juga : Pengamat Dukung Menteri Bahlil Gandeng Swasta Optimalkan Sumur Minyak Bumi

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, menghindari bangunan yang retak, dan memastikan keamanan bangunan tempat tinggal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.