Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5.6 Di Kaimana Papua Barat, Belum Ada Info Korban Jiwa

Senin, 2 Oktober 2023 16:15 WIB
Ilustrasi pusat gempa Magnitudo 5,6 di Kaimana, Papua Barat, Senin sore (2/10). (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa Magnitudo 5,6 di Kaimana, Papua Barat, Senin sore (2/10). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.6 mengguncang daerah Kaimana, Papua Barat pada pukul 15.58 WIB hari ini. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa episenter gempa terletak di koordinat 4.07 lintang selatan dan 134.02 bujur timur, yakni sekitar 57 kilometer tenggara Kaimana.

Baca juga : Retno Ajak Dunia Bantu Afghanistan

Gempa ini terjadi pada kedalaman 14 kilometer di bawah permukaan laut. Masyarakat sekitar dilaporkan merasakan gempa dengan intensitas III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity) ini di wilayah Kaimana. 

Meskipun gempa ini cukup kuat, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat peristiwa ini.

Baca juga : Gempa Magnitudo 6,2 Goyang Selandia Baru Selatan, Rumah Terangkat

Data gempa terakhir ini adalah update dari data gempa yang dirilis BMKG sebelumnya. Dalam data sebelumnya disebutkan, gempa dengan magnitudo 5.6 terjadi di kedalaman 14 kilometer.

Kejadian ini terjadi pada waktu yang sama, yaitu Senin (2/10) pukul 15:58 WIB. Koordinat episenter juga tidak berubah, yakni  terletak di 4.07 lintang selatan dan 134.02 bujur timur, yaitu berada di laut sekitar 57 kilometer tenggara Kaimana.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5.2 Guncang Sabang, Getaran Terasa Di Banda Aceh

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi, oleh karena itu, penting untuk selalu siap sedia dan memahami langkah-langkah evakuasi jika diperlukan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.