Dark/Light Mode

Deklarasikan Dukungan, Gerakan Aktivis 98 Sebut Kinerja Ganjar Pranowo Teruji

Rabu, 18 Oktober 2023 12:37 WIB
Para aktivis dari berbagai kelompok bergabung dalam Gerakan Aktivis 98 Gerak 98 menggelar Rapat Umum untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. (Foto; Ist)
Para aktivis dari berbagai kelompok bergabung dalam Gerakan Aktivis 98 Gerak 98 menggelar Rapat Umum untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. (Foto; Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para aktivis dari berbagai kelompok bergabung dalam Gerakan Aktivis 98 (Gerak 98) menggelar Rapat Umum untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Pada acara yang digelar di Gedung Joang 45 Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023), para aktivis pun menyampaikan hasil pertemuan berupa mandat yang harus dijalankan oleh Ganjar setelah menjadi Presiden.

"Pak Ganjar harus tetap mempertahankan, pertama, sifat dia yang humanis. Kedua, keberpihakan dia kepada rakyat. Yang ketiga, meneruskan cita-cita reformasi terutama adalah mengusut tuntas, menangkap para pelaku penjahat HAM. Itu yang paling penting," kata Ketua Panitia, Mixil Mina Munir.

Dia menilai kinerja Ganjar sudah teruji saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode berturut-turut sehingga hal itu meyakinkan para aktivis 98 untuk mendukungnya dalam Pemilihan Presiden 2024.

Menurut Mixil selaku Ketua DPP BMI Bidang Politik dan Keamanan, salah satu keunggulan Ganjar yang dikagumi para aktivis 98 adalah responsnya yang cepat saat mendapatkan laporan keluhan dari masyarakat.

Baca juga : Peduli Lingkungan, Relawan Orang Muda Ganjar Bersih-Bersih Pantai Taplau

"Pak Ganjar teruji di Jawa Tengah sendiri dalam 10 tahun dia memimpin Pak Ganjar teruji mampu untuk menekan angka kemiskinan. Gerakan Pak Ganjar sat-set. Dia sangat political will kemudian membantu rakyat itu sangat cepat," ujarnya.

Mixil pun menyebutkan mandat dari para aktivis 98 yang terdiri dari enam poin. Antara lain berbunyi seperti berikut:

1. Kami GERAK 98 (Gerakan Aktivis 98) adalah Aktivis 98, berasal dari berbagai kampus dan elemen rakyat, bertanggung jawab moral, mengemban panggilan sejarah Pemuda Indonesia, bersatu,berjuang menumbangkan rezím bobrok Orde Baru, dan memulai Era Harapan, Era Reformasi.

2. Kami Gerakan Aktivis 98 berkomitmen melanjutkan perjuangan dan mengawal cita-cita Reformasi,
yang dilukis dengan air mata dan darah, mewujudkan pemerintahan bersih, transparan, anti KKN, menegakkan supremasi hukum dan beralas keberpihakan pada rakyat.

3. Kami GERAK 98 (Gerakan Aktivis 98) menolak presiden yang melanggar HAM, menghalalkan segala
cara untuk memuaskan nafsu berkuasa, intoleran, merusak adab nilai budaya dan kerukunan bangsa.

Baca juga : Relawan Badik 24 Dukung Andika Dampingi Ganjar Pranowo

4. Kami GERAK 98 (Gerakan Aktivis 98) memilih pemimpin Republik Indonesia yang setia kepada; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

5. Kami GERAK 98 (Gerakan Aktivis 98) menyakini pemimpin Republik Indonesia ke depan, harus bekerja
dengan cepat, inovatif, berkapabilitas, berintegritas humanis dan merakyat.

6. Kami GERAK 98 (Gerakan Aktivis 98) berkeyakinan, atas dasar tersebut Ganjar Pranowo mampu menjawab tantangan ke depan, dapat memimpin dan amanah menjalankan mandat amanat rakyat sebagai Presiden Republik Indonesia 2024.

Lebih lanjut, Mixil mengungkapkan rencana para aktivis 98 yang akan terus mengumpulkan para aktivis dari berbagai wilayah di Indonesia untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024-2029.

"Kita (aktivis) 98 akan mengumpulkan, membuat munas bersama (aktivis) 98 dari seluruh Indonesia yang akan kita laksanakan nanti sekitar akhir bulan Oktober," kata Mixil.

Baca juga : Dukung Gerakan Ayo SADARI, Charm Luncurkan Produk Edisi Terbatas

Sementara itu, kegiatan rapat umum kali ini turut dihadiri dan diapresiasi kelompok Banteng Muda Indonesia (BMI) hingga Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo.

Ketua Bidang Keanggotaan BMI, Sumarna Triana Agusta yang hadir pada kesempatan itu pun optimistis dukungan dari para aktivis 98 semakin memperbesar kemenangan Ganjar di Pemilihan Presiden 2024.

"Alhamdulillah kami dengan Gerak 98, dengan masyarakat bersama-sama untuk memenangkan Pak Ganjar Pranowo calon presiden kita tahun 2024," katanya.

Sumarna menilai Ganjar adalah sosok yang tepat untuk mendapatkan mandat tersebut karena dia meyakini mantan Gubernur Jawa Tengah selama dua periode lalu itu bisa mengabulkan harapan masyarakat.

"Harus bisa dan dipastikan bisa dan bisa. Itu memang, kami dari Banteng Muda Indonesia sangat optimistis bahwa masyarakat akan membangun bersama dengan kesadaran bersama untuk menyoblos, memenangkan Ganjar Pranowo," kata Caleg PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Dapil Jakarta Selatan VIII itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.