Dark/Light Mode

Lengket, Nggak Perlu Ditafsirkan Lagi

Dukungan Jokowi Ke Ganjar Ibarat Bawang

Senin, 2 Oktober 2023 07:30 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) bersama Presiden Joko Widodo (tengah) dan bacapres Ganjar Pranowo (kiri) mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). (Foto: Antara)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) bersama Presiden Joko Widodo (tengah) dan bacapres Ganjar Pranowo (kiri) mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar bisik-bisik Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan, bisa ditafsir macam-macam. Tapi ibarat bawang yang sulit dikelupas, Jokowi dan Ganjar dinilai begitu lengket.

Endorsement orang nomor satu di Indonesia itu kini sedang jadi rebutan. Para pendukung Ganjar mengklaim, ini jelas kode keras dukungan. Apa benar demikian?

Baca juga : Menperin Ajak Industri Modifikasi Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Pengamat komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menjelaskan, dari sisi ilmu komunikasi, ketika seorang membisiki orang lain, maka mereka punya hubungan yang amat dekat. Dari segi ilmu sosiologis dan psikologis, saling berbisik menandakan juga saling mendukung.

"Jika dilihat dari teori bawang, lapisannya susah dikelupas, artinya sangat lengket. Kalau tak dekat, tak saling bisik. Pesan komunikasinya, mereka salingmendukung, memberikan peng­hargaan, dan penghormatan," kata Emrus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Ganjar Pranowo Figur Yang Peduli Kaum Disabilitas

Menurutnya, arah dukungan ini semakin kentara lewat bahasa verbal Jokowi yang memerintah­kan kedaulatan pangan segera diimplementasikan usai Ganjar dilantik menjadi Presiden kelak.

Artinya, lanjut Emrus, Jokowi sangat berkeinginan kuat Ganjar yang menjadi Presiden 2024-2029. Selain diberi tugas dan wejangan, Jokowi memberi strategi dan pelaksanaan wak­tunya. "Arah dukungan ini juga tercermin di sejumlah survei. Pak Jokowi yang kader PDI Perjuangan (PDIP), dianggap lebih mendukung Ganjar yang rumahnya sama," pungkasnya.

Baca juga : Projo Resmi Deklarasikan Dukungan Kepada Ganjar Pranowo

Memang, survei teranyar Indikator Politik Indonesia (IPI) yang digelar 25 Agustus -3 September 2023 menyebutkan, responden lebih banyak percaya Jokowi mendukung Ganjar. Sebanyak 40,6 persen menilai, ayah Kaesang Pangarep itu condong ke Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.