Dark/Light Mode

Kaesang Bicara Dukungan Capres

Kalau Gibran Ke Ganjar, Saya Ke Prabowo, Bingung Kan…

Jumat, 6 Oktober 2023 08:30 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Antara)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada yang menilai, penunjukan Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI sebagai upaya untuk memuluskan arah dukungan Presiden Jokowi kepada salah satu bakal Capres. Mendengar hal itu, Kaesang langsung meluruskannya.

Suami Erina Gudono itu memastikan, demokrasi berjalan di keluarganya. Tak ada paksaan dari sang ayah untuk mendukung ke salah satu Capres.

"Misal nih Pak Wali Kota Solo (Gibran Rakabuming Raka) dukung Pak Ganjar, kami mendukung Pak Prabowo, ayo gimana? Bingung nggak?” tanya Kaesang, sambil tertawa.

Hal tersebut dikatakan Kaesang kepada wartawan usai melakukan silaturahmi ke Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (5/10/2023).

Pada kunjungan ini, Kaesang didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni. Kedatangan Kaesang disambut Ketum PGPI Jason Balompapueng.

Baca juga : Relawan Kajol Ganjar Gelar Turnamen Futsal Antar Ojol Di Kabupaten Bogor

Menurut Kaesang, PSI belum menentukan sikap politiknya terhadap bakal Capres. "Pokoknya balik lagi, kami sampai sekarang belum memutuskan siapa yang kami dukung," tegasnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya fokus menemui kader, tokoh-tokoh, dan sejumlah elite parpol. Tujuan safari tersebut untuk mengetahui permasalahan di akar rumput, mendapat wejangan dari para senior agar jalan yang diambil PSI mendapat berkah.

Untuk diketahui sebelumnya, Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan, wajah politik Jokowi, bisa dilihat dari Nahdlatul Ulama (NU), putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, serta para relawan Jokowi.

"Kaesang ini bukan hanya Ketua Umum PSI, tapi publik sudah melihat ini bagian dari kompas politiknya Jokowi, itu saja. Jadi, kalau ingin melihat wajah politik Presiden ke depan, bukan hanya relawan politiknya, tapi juga Kaesang,” tegasnya.

Sementara, Ketua Rumah Relawan Pemenangan Prabowo 2024, Immanuel Ebenezer mengklaim, Ketua Umum PSI akan menyatakan dukungannya ke Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dalam waktu dekat. Kata dia, PSI belakangan memang kerap memberikan sinyal kedekatan dengan Prabowo.

Baca juga : Sekjen Partai Berkarya: Prabowo dan Ganjar Putra Terbaik Bangsa

“Kami berharap PSI punya komitmen terhadap apa yang menjadi pilihan politiknya," ujarnya di Rumah Relawan Pemenangan Prabowo 2024, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023)

Bertemu Puan

Setelah dari PGPI, Kaesang menemui Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Kafe Ombe Kofie, Menteng, Jakarta Selatan. Putra bungsu Jokowi itu datang lebih dulu, sekitar pukul 13.25 WIB, dan disambut Wasekjen PDIP Utut Adianto. Sementara Puan, baru datang 15 menit kemudian. Puan terlihat mengenakan pakaian serba hitam. Sedangkan Kaesang memakai kemeja putih bergaris.

Mengetahui Puan telah datang, Kaesang langsung menyambut Puan. Kaesang juga terlihat mencium tangan Puan. “Senang nggak lihat kami berdua, senang enggak?" cetus Puan kepada wartawan, dan masuk ke ruang pertemuan.

Usai 1,5 jam berbincang tertutup. Keduanya memberikan keterangan kepada awak media. Pertanyaannya tak jauh berbeda. Yakni, akan berlabuh ke mana arah dukungan PSI.

Kaesang mengatakan, partainya belum memutuskan akan bergabung ke koalisi mana. "Kalau saya rasa, Mba Puan fair-fair aja. Kalau (ada ajakan) mau dukung, pasti kami sambut dengan tangan terbuka," katanya.

Baca juga : Prabowo Masih Kokoh Teratas

Sekalipun PDIP tidak mengajak PSI, Kaesang berpesan agar kedua belah pihak harus tetap saling menghargai. Kader PSI dan PDIP tidak boleh saling mencela.

"Nanti kalau sudah selesai pasca Pemilu 2024, ya sudah kita gotong royong lagi, karena semuanya balik lagi untuk negara," imbuhnya.

Puan menegaskan, tidak menggoda Kaesang untuk mendukung Ganjar. "Tidak perlu digoda. Mas Kaesang sudah tahu harus melakukan apa yang terbaik," ujarnya.

Ketika ditanya tanggapannya apabila PSI akhirnya memutuskan untuk tidak mendukung Ganjar, Puan merespons dengan santai. Ia menyebut, semua partai punya strategi masing-masing untuk memenangkan Pileg dan Pilpres 2024.

Usai bertemu Puan, Kaesang Cs lanjut ke rumah Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Kaesang, disambut keluarga Gus Yahya. Kemudian mereka pun memasuki kediaman Gus Yahya. Pertemuan digelar secara tertutup.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.