Dark/Light Mode

Pasar Lagi Sepi-sepinya

Pedagang Ikan Di Pandeglang Semringah Dapat Sembako Murah Relawan Des Ganjar

Sabtu, 21 Oktober 2023 21:59 WIB
Penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di Pasar Ikan Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten mengalami penurunan akibat daya beli masyarakat yang dinilai sedang lesu. (Foto: Ist)
Penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di Pasar Ikan Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten mengalami penurunan akibat daya beli masyarakat yang dinilai sedang lesu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjualan ikan hasil tangkapan nelayan di Pasar Ikan Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten mengalami penurunan akibat daya beli masyarakat yang dinilai sedang lesu.

Namun, beban ekonomi para pedagang berkurang berkat para sukarelawan Desa untuk Ganjar Pranowo (Desgan) yang mengadakan Pasar Sembako Murah pada Sabtu (21/10/2023) siang.

Kondisi perekonomian yang sedang sulit itu disadari oleh Koordinator Sukarelawan Desgan wilayah Banten, H Agus Wisas.

"Karena itu, kami meringankan beban mereka supaya mereka bisa masak untuk keluarganya," katanya.

Baca juga : Warga Banyubiru Serbu Bazar Sembako Murah Relawan Gerbong Pecinta Sandi

Pada kegiatan bakti sosial kali ini, para sukarelawan Desgan mengundang sekitar 300 warga dari kalangan nelayan, pedagang pasar ikan dan lainnya untuk membeli paket sembako dengan harga murah.

Namun, dalam pelaksanaannya jumlah warga yang datang bertambah sampai lebih dari 500 orang sehingga Agus dan jajarannya pun mengaku sangat terkesan dengan antusiasme warga.

"Sejauh saya turun (ke masyarakat) seperti dilihat, antusias. Kita undang 300 (orang) ternyata 500 orang karena tahunya (mengira) ada Pak Ganjar katanya mau datang. Infonya begitu, padahal kita tim relawan. Mereka senang. Mereka ingin sekali bertemu Pak Ganjar," tutur Agus.

Meskipun tidak bisa bertemu langsung dengan Capres-Cawapres pilihannya, warga tetap mengaku senang mendapatkan paket sembako dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

Baca juga : Warga Subang Serbu Bazar Sembako Murah Relawan Sandi

Sementara itu, salah seorang pedagang ikan lokal, Nafisah mengeluhkan kondisi penjualan di lapak ikannya saat ini sedang sepi akibat hasil tangkapan nelayan yang lebih sedikit dari biasanya.

Menurut informasi dari para nelayan, hasil tangkapan mereka saat ini terdampak cuaca buruk. 

"Keadaan ikan lagi kosong karena kurang dari (hasil) penangkapan dari nelayannya, gelombangnya kencang, anginnya lagi kencang," kata Nafisah.

Dia pun meyakini kondisi penjualan di tempatnya bisa lebih baik apabila Ganjar-Mahfud terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode selanjutnya.

Baca juga : Seribu Perempuan Ikut Kelas Online Tata Rias Relawan Mak Ganjar

"Mudah-mudahan ke depannya diberkahi rezeki yang makmur. Nelayan semoga sukses semua. Kami pedagang juga makmur. Harapannya, kita ada dukungan dari Presiden. Walaupun sedikit, ada pemasukan masyarakat kecil," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.