Dark/Light Mode

Genap 100 Tahun, Matakin Gelar Lomba Kreatif Hingga Beri Penghargaan Tokoh

Selasa, 24 Oktober 2023 11:02 WIB
Puncak acara 100 tahun MATAKIN tersebut, memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Khonghucu yang berkontribusi dan berperan dalam perjuangan untuk Bangsa, Senin (23/10). (Foto: Istimewa)
Puncak acara 100 tahun MATAKIN tersebut, memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Khonghucu yang berkontribusi dan berperan dalam perjuangan untuk Bangsa, Senin (23/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia atau MATAKIN merupakan wadah organisasi tertinggi umat dan kelembagaan agama Khonghucu di Indonesia.

Pada Kongres V GAPAKSI di Tasikmalaya pada 5-6 Desember 1964 nama lembaga ini kemudian berubah lagi menjadi Perhimpunan Agama Khonghucu se-Indonesia dengan tetap disingkat GAPAKSI, hingga akhimya pada 23-27 Agustus 1967 saat Kongres VI GAPAKSI.

Salah satu keputusan Kongres adalah nama Gabungan Perhimpunan Agama Khonghucu se-Indonesia (GAPAKSI) diubah menjadi Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) yang berlaku sampai sekarang. Tanpa terasa MATAKIN (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia), "Yinni Kong Jiao Zong Hui, The Supreme Council of Confucian Religion In Indonesia"  kini sudah berusia 1 abad/100 tahun pada 12 April 2023 lalu.

Memasuki abad kedua usianya ini, menuntut peran strategis MATAKIN untuk lebih berperan aktif dan berkontribusi positif dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Internasional

Ketua Umum Matakin Budi S Tanuwibowo mengatakan, dalam rangka memperingati, mensyukuri, memeriahkan dan merayakan 100 tahun Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN).

Menurutnya Dewan Rohaniwan /Pengurus Pusat MATAKIN telah menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan dengan tema utama yaitu "Meski Rajiao dan MATAKIN Makin Menua, Firman Tetap Dipelihara Agar Senantiasa Baharu."

Lebih lanjut Budi mengatakan, beberapa kegiatan peringatan 100 tahun/1 abad MATAKIN telah diadakan, termasuk beberapa program bekerja sama dengan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Hal ini untuk mendukung pemerintah mensosialisasikan nilai-nilai revolusi mental di kalangan umat Khonghucu dan kerja sama dengan Kementerian Agama, melalui Sekretariat Jenderal Kementerian Agama dan Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu," ujarnya dalam keterangan, Selasa (24/10).

Baca juga : Jelang Natal Dan Tahun Baru, Pembatasan Logistik Diharap Tak Beratkan Industri

Adapun rangkaian kegiatan tersebut adalah Lomba desain logo 100 Tahun MATAKIN, Lomba Tiktok pesan dan ucapan selamat 100 tahun MATAKIN.

Lalu seminar "Disiplin, sikap hormat dan tahu malu sebagai dasar tumbuhnya integritas, etos kerja dan budaya gotong-royong".

Ada juga lomba poster dan video kreatif, lomba Jiangdao/Khotbah, lomba kebersihan rumah ibadah Khonghucu, dan dialog kebangsaan "Pesan dan Suara Kenabian" di Asrama Haji Jakarta, 11 Oktober 2023.

Sementara pada Puncak Acara 100 Tahun Matakin dan Perayaan Hari Lahir Nabi Kongzi (Zhi Sheng Dan) ke 2574 dilaksanakan di Grand Ballroom Sun City Restoran, Jakarta Barat, Senin (23/10).

Baca juga : Rupiah Masih Berpeluang Menguat Hingga Akhir Tahun

"Dalam kegiatan puncak acara 100 tahun MATAKIN, diberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Khonghucu yang berkontribusi dan berperan dalam perjuangan untuk Bangsa dan Negara Indonesia maupun terhadap perkembangan kemajuan lembaga dan umat agama," pungkas Budi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.