Dark/Light Mode

Rupiah Masih Berpeluang Menguat Hingga Akhir Tahun

Kamis, 12 Oktober 2023 12:24 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah mata uang Asia menghadapi tekanan yang cukup dalam sejak bulan lalu, termasuk nilai tukar rupiah. Baht Thailand dan ringgit Malaysia bahkan mengalami depresiasi yang cukup dalam sejak awal tahun ini.

Ketidakpastian global menjadi salah satu penyebabnya terutama kondisi pasar keuangan Amerika.

Menurut Ekonom PT Bahana TCW Investment Management Emil Muhamad, pelemahan rupiah disebabkan oleh perpaduan faktor global dan domestik. Secara global, indeks dolar DXY menguat sebesar 2,45 persen sejak awal tahun sehingga menekan hampir semua mata uang di dunia termasuk Indonesia.

Baca juga : Hana Hanifah, Baru Sebulan Menikah, Eh Diselingkuhi Suami

Tingginya yield obligasi US juga memicu keluarnya dana-dana asing dari pasar obligasi negara berkembang. ‘’Bersamaan dengan kedua faktor global tersebut, secara domestik Indonesia mencatat defisit neraca transaksi berjalan pada kuartal kedua tahun ini meskipun tidak terlalu besar,’’ terang Emil.

Namun, pihaknya meyakini penguatan indeks dolar DXY yang terjadi saat ini sifatnya sementara, kedepan akan melemah kembali sepanjang tidak terjadi eskalasi perang besar, sehingga masih terbuka peluang bagi penguatan rupiah dan mata uang Asia lainnya, paparnya.

Berdasarkan index ADXY, mata uang Asia selain Jepang telah melemah sebesar 4,43 persen sejak awal tahun hingga saat ini. Ringgit Malaysia tertekan hingga 6,57 persen, baht Thailand terdepresiasi sebesar 6,42 persen, sedangkan pelemahan rupiah sekitar 0,88 persen secara year to date (YTD), meski rupiah sempat tertekan ke level 15.735 per dolar AS  pada 10 Oktober 2023. 

Baca juga : Hidup Tanpa Uang Selama 15 Tahun

Bank Indonesia (BI) bersama dengan pemerintah telah melakukan upaya untuk menjaga stabilitas rupiah. Kebijakan moneter telah mengambil langkah aktif dengan melakukan intervensi di pasar spot dan Domestc Non Deliverable Forward (DNDF). Berbagai instrumen baru seperti term deposit valuta asing devisa hasil ekspor (TD DHE Valas) dan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), belum banyak dimanfaatkan oleh investor.

Berbagai upaya stabilisasi rupiah tentu saja berdampak pada turunnya cadangan devisa Indonesia ke kisaran 134,9 miliar dolar AS atau setara 6,1 bulan impor, pada akhir September, dari 137,09 miliar dolar AS pada bulan sebelumnya. Meski mengalami penurunan, posisi cadangan devisa, Indonesia terbilang cukup aman sebab masih jauh dari standar kecukupan internasional yang ditetapkan sebesar tiga bulan impor.

BI mencatat selama kuartal dua tahun ini, transaksi berjalan defisit sebesar 1,9 miliar dolar AS atau setara dengan 0,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Setelah, pada kuartal sebelumnya membukukan surplus sebesar 3 miliar dolar AS atau setara 0,9 persen dari PDB.

Baca juga : PJ Gubernur Bey: Cadangan Beras Di Jabar Aman Hingga Akhir Tahun

"Kami memperkirakan rupiah masih memiliki peluang berbalik menguat hingga akhir tahun, seiring dengan penurunan yield obligasi global yang dapat membuat instrumen keuangan dalam negeri kembali menarik minat investor untuk masuk,’’ ungkap Emil.

Pihaknya memprediksi rupiah bergerak pada kisaran Rp 15.200- Rp 15.800 per dolar, dengan kecenderungan menguat ke batas bawah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.