Dark/Light Mode

Presiden Lempar Sinyal Mau Rombak Kabinet Pekan Ini

Selasa, 24 Oktober 2023 13:21 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan merombak (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju (KIM) pekan ini untuk melantik Menteri Pertanian (Mentan) definitif menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mundur karena tersangkut kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Mungkin minggu ini," kata Jokowi setelah menghadiri seminar ekonomi di Jakarta, Selasa (24/10/23).

Baca juga : Presiden Alumni Singapura: Gibran Bisa Ikuti Jejak Pemimpin Dunia

Ditanya terkait pos kementerian apa saja yang akan dirombak? Jokowi hanya mengatakan posisi Mentan.

Setelah SYL mengundurkan diri, jabatan Mentan kemudian dijabat oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi selaku Pelaksana Yugas (Plt).

Baca juga : Jika Jadi Presiden, Ganjar Tak Bakal Beri Karpet Merah Buat Sang Anak

Presiden Jokowi masih mempersiapkan perombakan kabinet tersebut. Sehingga dia belum bisa memastikan kapan tepatnya perombakan itu digelar.

"Masih disiapkan," imbuhnya.

Baca juga : BP2MI Harap Pemda dan Lembaga Lainnya Ikut Lindungi PMI

Ketika ditanya awak media apakah menteri pertanian baru akan berasal dari Partai Demokrat, Jokowi enggan memberikan pernyataan. Dia hanya menganggukkan kepalanya sembari tersenyum berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

Sebelumnya, SYL mengundurkan diri pada tanggal 5 Oktober 2023 karena terjerat kasus dugaan korupsi di Kementan. Jokowi mengangkat Arief Prasetyo Adi di tengah tantangan cuaca El Nino yang menyebabkan kekeringan dan menurunkan produksi padi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.