Dark/Light Mode

Tindak Lanjuti Fakta Sidang BTS

Kejagung Siap Periksa Achsanul Qosasi BPK

Rabu, 25 Oktober 2023 07:30 WIB
Achsanul Qosasi. (Foto: Ist)
Achsanul Qosasi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal memeriksa Achsanul Qosasi. Nama Anggota III Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) itu disebut pada sidang perkara korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G.

“Akan kita jadwalkan (pemer­iksaan) untuk mendalami peran yang bersangkutan,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana, Selasa, 24 Oktober 2023. “Nanti dikabari ya,” sambungnya.

Nama Achsanul Qosasi disebut dua terdakwa Komisaris PT Solitech Media Synergy, Irwan Hermawan dan Direktur Utama (Dirut) PT Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak Simanjuntak.

Baca juga : Kementan Tingkatkan Daya Saing Kelor Lewat Hilirisasi

Awalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung (Kejagung) menyinggung chat antara Irwan, Galumbang dengan Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Achmad Latif, di grup aplikasi perpesanan.

Jaksa lalu menanyakan kepada Irwan soal pengurusan temuan BPK saat mengaudit proyek Palapa Ring di BAKTI. Proyek ini sebelum proyek BTS 4G.

“Saudara ingat bahwa di situ ada temuan untuk Palapa Ring, proyek Palapa Ring ada Rp 330 miliar?” tanya jaksa.

Baca juga : Sahabat Ganjar Nilai Ada Kejanggalan Dalam Proses Putusan MK

“Tidak ingat,” jawab Irwan yang diperiksa sebagai terdakwa bersama Galumbang dan Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment, Mukti Ali di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin, 23 Oktober 2023.

Jaksa juga menanyakan soal ancaman dari BPK, lantaran tidak ada data yang diberikan mengenai proyek itu. Lagi-lagi Irwan menjawab tidak ingat.

“Pada saat di grup itu Saudara Anang mengatakan, ‘Sepertinya perlu ngadep AQ sama saya’. Terus jawaban Saudara, ‘Jangan sekarang lah, jangan sekarang bos, reda dulu’. Saudara masih ingat pembicaraan itu?” cecar jaksa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.