Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 6,1 Guncang Maluku Barat Daya, Apa Berpotensi Tsunami?

Kamis, 26 Oktober 2023 13:09 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Maluku Barat Daya. (Foto: X/BMKG)
Ilustrasi pusat gempa di Maluku Barat Daya. (Foto: X/BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6.1 mengguncang wilayah Maluku Barat Daya pada hari ini, Kamis (26/10), pukul 12:44:17 WIB. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak di laut, tepatnya 176 kilometer di sebelah Timur Laut Maluku Barat Daya, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini dirasakan dengan skala getaran III-IV di kota Saumlaki.

Baca juga : Gempa Terkini Guncang Maluku Utara, Segini Kekuatan Magnitudonya Menurut BMKG

Sebelumnya, BMKG telah merilis laporan awal mengenai gempa tersebut. Data awal menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki magnitudo yang sama, yaitu 6.1. 

Pusat gempa pada waktu itu juga tercatat di koordinat yang hampir serupa, yaitu 7.34 Lintang Selatan dan 129.36 Bujur Timur, sekitar 196 kilometer di Timur Laut Maluku Barat Daya, dengan kedalaman 10 kilometer. 

Baca juga : Gempa Tektonik Magnitudo 5,0 Guncang Sumba Timur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Meskipun demikian, BMKG telah menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Hingga saat ini, tidak ada laporan resmi mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa bumi ini. Namun, masyarakat di wilayah terdampak diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi. 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5.6 Di Kaimana Papua Barat, Belum Ada Info Korban Jiwa

Gempa bumi merupakan ancaman alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam seperti ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.