Dark/Light Mode

Apresiasi Para Pelaku Bahasa dan Sastra, Kongres Bahasa XII berikan Anugerah Hoesein Djajadiningrat

Sabtu, 28 Oktober 2023 07:13 WIB
Apresiasi Para Pelaku Bahasa dan Sastra, Kongres Bahasa XII berikan Anugerah Hoesein Djajadiningrat

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam momentum besar Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanakan pemberian Anugerah Hoesein Djajadiningrat 2023 dan Penghargaan Sastra bagi para penggiat bahasa dan sastra di Indonesia.

“Momentum KBI XII harus dimanfaatkan sebagai pengingat atas jasa dan pengabdian para tokoh-tokoh bangsa dalam pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia, serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia di dunia internasional,” kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Aminudin Aziz, di Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (27/10/2023).

Anugerah Hoesein Djajadiningrat merupakan penghargaan tertinggi di bidang kebahasaan dan kesastraan.

Baca juga : Pelindo Apresiasi Terpilihnya Penglipuran Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia

Diambil dari nama Hoesein Djajadiningrat, yang sosoknya sangat melekat dalam perjuangan menjayakan bahasa dan sastra Indonesia pascakemerdekaan.

Anugerah ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang memiliki kepedulian dan sumbangsih luar biasa bagi bangsa dan negara dalam lingkup kebahasaan dan kesastraan.

Adapun penerima Anugerah Hoesein Djajadiningrat Tahun 2023 ini di antaranya, Harimurti Kridalaksana untuk kategori Pengembang Bahasa Indonesia, Ebiet G. Ade untuk kategori Pembina Bahasa Indonesia, Benyamin Sueb untuk kategori Pelestari Bahasa dan Sastra Daerah, dan Retno L. P. Marsudi untuk kategori Diplomasi Kebahasaan.

Baca juga : Bamsoet Ajak Penguasa Korsel Tingkatkan Investasi di Indonesia

Aminudin menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya, Badan Bahasa membentuk tim kurator untuk mengidentifikasi tokoh-tokoh yang dirasa pantas untuk menerima anugerah ini.

Tim kurator ini terdiri atas akademisi, pakar, dan praktisi di bidang kebahasaan dan kesastraan.

Mekanisme penetapan penerima Anugerah Hoesein Djajadiningrat dilakukan melalui forum diskusi dengan beberapa tahapan, dimulai dari pemaparan usulan tokoh, pembahasan usulan tokoh, penetapan tokoh penerima anugerah, penyusunan testimoni penguatan, dan penyusunan berita acara penetapan dan surat keputusan.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Pelaksanaan Rallytage: Fun Rally in Heritage di Solo

Pemberian Anugerah Hoesein Djajadiningrat oleh Badan Bahasa Kemendikbudristek dimulai sejak tahun 2020.

"Pemberian anugerah tahun 2023 ini dilaksanakan bersamaan dengan berbagai momen penting dalam bidang bahasa dan sastra, seperti 78 tahun bahasa negara, 95 tahun Sumpah Pemuda, dan Kongres Bahasa Indonesia XII,” terang Aminudin.

Selain itu, pada kesempatan yang sama diberikan pula penghargaan kepada lima orang sastrawan tanah air dengan karya terbaik melalui Penghargaan Sastra Kemendikburistek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.