Dark/Light Mode

Survei LSJ, Prabowo-Gibran Unggul 12,7 Persen Atas Ganjar-Mahfud

Selasa, 31 Oktober 2023 17:40 WIB
Direktur Eksekutif LSJ, Fetra Ardianto saat merilis hasil survei yang disiarkan secara daring, Selasa (31/10/2023). Foto: Istimewa
Direktur Eksekutif LSJ, Fetra Ardianto saat merilis hasil survei yang disiarkan secara daring, Selasa (31/10/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkar Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei terbaru di bursa Pilpres 2024. Hasilnya, jika head to head, duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan selisih 12,7 persen.

Rinciannya, duet Prabowo-Gibran meraih 52,8 persen responden. Sedangkan Ganjar-Mahfud mendapatkan 40,1 persen. Sisanya, sebesar 7,1 persen masih ragu-ragu atau belum memutuskan pilihannya.

"Head to head ini, merupakan simulasi yang diawali putaran pertama dengan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tidak lolos putaran pertama," ujar Direktur Eksekutif LSJ, Fetra Ardianto saat merilis hasil survei yang disiarkan secara daring, Selasa (31/10/2023).

Baca juga : Bepro DKI Fokus Kegiatan Sosial Dan Jaga Persatuan Anak Bangsa

Di putaran pertama, duet Prabowo-Gibran menjadi yang pertama dengan raihan 40,2 persen. Sedangkan Ganjar-Mahfud merauh 34,5 persen, dan Anies-Cak Imin sebesar 19,3 persen. Sisanya, 6 persen responden masih galau alias belum bisa menentukan pilihan.

Fetra merincikan, ketika survei menggali lebih lanjut apa alasan responden menyukai pasangan Prabowo-Gibran, sebanyak 35,6 persen responden yang menyukai pasangan tersebut beralasan karena Prabowo sosok yang tegas dan berani.

Kemudian 20,3 persen responden beralasan Prabowo-Gibran akan melanjutkan program-program Jokowi, lalu 15,2 persen responden beralasan karena suka terhadap sosok Gibran.

Baca juga : Para Ning Dan Nyai Tapal Kuda Perkuat Dukung Ganjar-Mahfud

Selain itu, 15,1 persen responden suka dengan penampilan Prabowo yang gemoy. Kemudian, sebanyak 10,4 persen responden menyukai cara berpolitik Prabowo yang santun dan sejuk. Sedangkan 3,4 persen responden tidak tahu apa alasannya menyukai pasangan Prabowo-Gibran.

Diketahui, survei LSJ ini dilakukan periode 18-26 Oktober 2023 di 38 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 1200 responden.

Adapun, metode survei diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap dengan margin of error kurang lebih 2,83n persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.