Dark/Light Mode

Ganjar Siap Hilirisasi Sektor Perkebunan Dan Kelautan Jika Jadi Presiden

Selasa, 26 September 2023 13:32 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo telah mengungkapkan serangkaian strategi yang akan ia terapkan untuk mendorong kemajuan Indonesia jika terpilih sebagai presiden pada tahun 2024 mendatang.

Salah satu poin utama dari visi Ganjar adalah memperkuat kebijakan hilirisasi yang telah dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ganjar menegaskan, ia tidak akan membatasi hilirisasi hanya pada sektor pertambangan.

Melainkan juga, akan memperluasnya ke sektor-sektor lain, seperti perkebunan dan kelautan.

Ia berkomitmen untuk melaksanakan hilirisasi ini sambil menyelesaikan program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintahan Jokowi sebelumnya.

Baca juga : Arsjad Cuti Dari Dirut Indika, Berhenti Sementara Dari Ketum Kadin Indonesia

"Sawit aja selama ini baru CPO, kita belum bicara kosmetik, obat-obatan yang ada di sana, tapi itu butuh riset. 1 persen dari PDB saja, bisa dipakai untuk riset. Terbayangkan nggak dengan kekuatan yang ada, itu komitmen," tutur Ganjar.

Ganjar juga menyoroti potensi ekonomi kelautan dan pesisir yang luar biasa di Indonesia, dengan mencontohkan potensi rumput laut yang tersebar di pantai-pantai Indonesia.

Dengan kedalaman hingga 15 meter, ini dapat dijadikan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang strategis.

Selain itu, Ganjar memberikan penekanan pada penurunan Incremental Capital Output Ratio (ICOR) yang saat ini berada di kisaran 8,16 persen.

ICOR yang tinggi merupakan salah satu pemicu biaya investasi yang mahal di Indonesia, yang menghambat pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Bukti Perkebunan Bisnis Yang Menjanjikan

Ganjar menyatakan, salah satu strategi untuk menurunkan angka ICOR adalah dengan tegas dan konsisten memerangi tindak pidana korupsi di berbagai sektor.

"Ini komitmen, yakin nggak kalau mau memberantas. Kalau hal seperti ini kita enggak serius yasudah, tuduhan oligarki, tuduhan nepotisme, tuduhan nggak serius menegakkan akan terjadi dan kita menjadi pura-pura, ICOR kita meledak karena nggak serius," tegasnya.

Ganjar juga membahas strategi terkait pengadaan calon aparatur sipil negara (ASN).

Ia menekankan, fokusnya akan ada pada pengadaan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

Menurut Ganjar, kebutuhan akan tenaga di sektor-sektor ini sangat penting bagi pemerintah.

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Sosialisasikan Sertifikasi Halal Kepada UMKM Di Tegal

"Saya minta kepada Pak Menteri PANRB, jika mau angkat PNS atau PPPK, itu satu guru, kedua nakes, ketiga penyuluh pertanian, saya minta tiga ini aja. Karena ini penting kita butuh banyak, kalau kualitas kesehatan kita rendah nggak bisa," ungkap Ganjar.

Dengan visi dan strategi yang ambisius ini, Ganjar Pranowo berharap dapat membawa Indonesia ke tingkat kemajuan yang lebih tinggi jika terpilih sebagai presiden pada tahun 2024 mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.