Dark/Light Mode

Hari Pahlawan Libur Atau Tidak? Cek Sejarah, Logo Dan Tema Hari Pahlawan 2023

Senin, 6 November 2023 16:43 WIB
Logo Hari Pahlawan Tahun 2023. (Foto: Kemensos)
Logo Hari Pahlawan Tahun 2023. (Foto: Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Pahlawan diperingati di Indonesia setiap tanggal 10 November. Tahun ini jatuh pada hari Jumat. Apakah libur atau tidak? Simak ulasan berikut ini, lenglap dengan sejarah, logo hingga tema Hari Pahlawan 2023.

Tema Hari Pahlawan 2023

Tahun ini, Tema Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Logo Hari Pahlawan Tahun 2023

Logo Hari Pahlawan 2023 tersedia dalam Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023. Dapatkan logo Hari Pahlawan 2023 melalui link download berikut:

Link Logo Format JPG

Baca juga : Relawan Crivisaya Ganjar Bersama Anak Muda Ogan Ilir Berziarah Di Makam Pahlawan

- Link Logo Format PNG

- Link Logo Format PDF

-  Link Logo Format Vektor

Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Sejarah Hari Pahlawan diilhami dari peristiwa 10 November 1945, ketika pertempuran sengit antara arek-arek Surabaya dengan tentara Belanda yang menewaskan banyak pejuang. 

Baca juga : Relawan Komunitas Truk Ganjar Bagikan Terpal Untuk Sopir Di Pasuruan Jawa Timur

Perjuangan tersebut dipicu oleh serangkaian peristiwa, termasuk kematian Jenderal Mallaby yang memicu kemarahan tentara Sekutu. 

Di tengah konflik yang memakan ribuan korban, Bung Tomo berhasil membangkitkan semangat perjuangan rakyat melalui siaran-siaran radio. 

Dasar Hukum Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November didasarkan pada sejumlah dasar hukum, termasuk UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan Keppres Nomor 316 Tahun 1959 yang menetapkan peringatan tersebut sebagai hari nasional non-libur. Kesadaran akan jasa para pahlawan merupakan cerminan dari negara yang menghargai sejarahnya.

Hari Pahlawan Libur Atau Tidak?

Jika merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri Tentang Hari Libur Nasional Dan  Cuti Bersama Tahun 2023, Hari Pahlawan tanggal 10 November 2023 bukanlah tanggal merah atau bukan termasuk hari libur nasional.

Baca juga : Sebut Dunia Tidak Baik-baik Saja, Jokowi Siapkan Hibah Atasi Perubahan Iklim

Tanggal merah di bulan November hanya ada 4 hari, keempatnya adalah hari Minggu, yakni tanggal 5, 12, 19 dan 26.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.