Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Banda Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Selasa, 7 November 2023 05:58 WIB
Ilustrasi gempa Magnitudo 5,0 di Banda Aceh, Selasa (7/11). (Foto: BMKG)
Ilustrasi gempa Magnitudo 5,0 di Banda Aceh, Selasa (7/11). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Banda Aceh pada hari ini, Selasa (7/11).

Gempa di wilayah utara Pulau Sumatera ini terjadi pukul 04:12 WIB. Menurut laporan resmi BMKG, gempa ini memiliki pusat di koordinat 5.30 lintang utara dan 93.94 bujur timur, berlokasi sekitar 156 kilometer barat daya Banda Aceh.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 6,1 Guncang Maluku Barat Daya, Apa Berpotensi Tsunami?

Guncangan gempa terasa pada kedalaman 10 kilometer dari permukaan bumi. Meskipun gempa ini berada di kedalaman yang cukup dalam, tetapi dampaknya dirasakan oleh penduduk di sekitar pusat gempa. 

Berdasarkan Skala Intensitas Gempa (MMI), guncangan gempa ini tercatat sebesar II-III di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Baca juga : Israel Makin Gila

Beberapa warga melaporkan bahwa gempa ini terasa dengan sedang hingga kuat dan membuat mereka keluar dari rumah untuk menghindari risiko terjadinya kerusakan.

Belum ada laporan resmi mengenai kerusakan fisik yang signifikan. Gempa ini juga tidak berpotensi memicu gelombang pasang yang signifikan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.