Dark/Light Mode

Ini 8 Misi Asta Cita Prabowo-Gibran Menuju Indonesia Emas, Hilirisasi Termasuk

Kamis, 26 Oktober 2023 20:25 WIB
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan), foto bersama Ketua KPU Hasyim Asyari (tengah) saat mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres, Rabu (25/10/2024). (Foto: dok. Gerindra)
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan), foto bersama Ketua KPU Hasyim Asyari (tengah) saat mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres, Rabu (25/10/2024). (Foto: dok. Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duet Prabowo-Gibran mantap mengusung 8 Misi Asta Cita, menuju Indonesia Emas 2045, dalam kampanyenya di Pilpres 2024.

Dalam dokumen Visi Misi Indonesia Maju 2024, Prabowo-Gibran menjelaskan, untuk menuju Indonesia Emas 2045, dibutuhkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di angka 6-7 persen.

Pertumbuhan ini perlu didukung dengan penguatan peran pemerintah dalam roda ekonomi dan pembangunan bangsa, sesuai falsafah Ekonomi Pancasila.

“Ini semua harus kita lakukan di tengah ketidakpastian ekonomi global, ketidakpastian geopolitik, dan krisis perubahan iklim yang sekarang sudah ada di tengah-tengah kita,” ujar Prabowo-Gibran.

Baca juga : Airlangga: Prabowo-Gibran Ingin Wujudkan Indonesia Emas 2045 Bersama KIM

Berikut rincian 8 Misi Asta Cita yang disampaikan Prabowo-Gibran dalam dokumen visi misi-nya:

1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM).

2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.

Baca juga : TIDAR Dan Relawan Prabowo-Gibran Bersihkan Sampah Usai Dari KPU

4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.

5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.

Baca juga : Banteng Makin Nanduk, Hasto: Prabowo-Gibran Kontrasting Ganjar-Mahfud

8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antar umat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.