Dark/Light Mode

Gempa Terkini Kembali Guncang Maluku, Berikut Ini Rentetan Peristiwanya

Kamis, 9 November 2023 01:36 WIB
Ilustrasi alat sensor getaran untuk mendeteksi gempa atau seismograf. (Foto: Freepik/macrovector)
Ilustrasi alat sensor getaran untuk mendeteksi gempa atau seismograf. (Foto: Freepik/macrovector)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rententan gempa bumi mengguncang Maluku dalam kurun waktu beberapa jam terakhir. Menurut BMKG, gempa terbaru terjadi pada pukul 01.26 WIB dengan kekuatan Magnitudo 4,3. Gempa ini berpusat sekitar 257 kilometer di sebelah barat laut Maluku Tenggara Barat, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya, pada pukul 01.22 WIB, gempa lain dengan kekuatan 3,8 magnitudo juga terjadi di dekat lokasi tersebut, sekitar 270 kilometer di sebelah barat laut Maluku Tenggara Barat, dengan kedalaman yang sama, yaitu 10 kilometer.

Baca juga : PHE WMO Kembangkan Salt Center Terintegrasi

Sementara itu, pada pukul 00.25 WIB, gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Maluku. Pusat gempa ini berada sekitar 255 kilometer di sebelah barat daya Seram Bagian Timur-Maluku, dengan kedalaman juga mencapai 10 kilometer.

Rangkaian gempa ini merupakan guncangan lanjutan dari gempa sebelumnya yang berkekuatan 7,2 magnitudo. 

Baca juga : Gempa M7,2 Guncang Kepulauan Tanimbar Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa utama tersebut terjadi pada 08-Nov-23 pukul 11:52:53 WIB, sekitar 222 kilometer di sebelah barat laut Maluku Tenggara Barat. Meskipun tidak ada ancaman tsunami, BMKG mencatat adanya 12 kali gempa susulan pada Rabu (8/11).

Salah satu gempa susulan yang signifikan adalah gempa dengan kekuatan 5,6 magnitudo, yang merupakan gempa terbesar dalam serangkaian gempa tersebut. Di sisi lain, gempa terkecil yang tercatat dalam rentetan gempa ini memiliki kekuatan 3,7 magnitudo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.