Dark/Light Mode

Gempa M7,2 Guncang Kepulauan Tanimbar Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 8 November 2023 12:32 WIB
Peta lokasi gempa M7,2 di Kepulauan Tanimbar, Maluku, Rabu (8/11/2023). (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa M7,2 di Kepulauan Tanimbar, Maluku, Rabu (8/11/2023). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan, gempa bermagnitudo 7,2 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku pada Rabu (8/11/2023) pukul 11:52:53 WIB tidak berpotensi tsunami.

Gempa M7,2 ini terletak pada koordinat 6.31 LS, 129.77 BT. Pusat gempa berada di laut, dengan kedalaman 10 km. Jaraknya, 251 km arah Barat Laut Tanimbar, 154 km arah Utara Tepa Maluku Barat Daya, 199 km arah Selatan Banda Maluku Tengah.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Banda Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa itu terasa dalam skala IV-V di Saumlaki, IV Banda, II Ambon, III Damer, III Kisar.

Dalam gempa skala V MMI, gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 6,1 Guncang Maluku Barat Daya, Apa Berpotensi Tsunami?

Pada skala IV MMI, jika terjadi pada siang hari, dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Pada skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga : Jerry Sambuaga: AMPI Dukung Keputusan Rapimnas Golkar Calonkan Gibran Cawapres

Sementara pada skala II MMI, gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.