Dark/Light Mode

Rieke Diah Pitaloka: Hari Pahlawan Momentum Stop Banalitas Kejahatan

Jumat, 10 November 2023 13:45 WIB
Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka. Foto: Istimewa
Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka mengingatkan, Hari Pahlawan 10 November harus jadi momentum bagi bangsa dan negara ini untuk menghentikan banalitas kejahatan (banality of evil) yang semakin kentara.

Dikatakan banalitas kejahatan ini lahir dari kedangkalan berpikir. Kejahatan yang direproduksi oleh kekuasaan yang menggunakan instrumen teror dan propaganda.

"Tujuannya melahirkan ketertundukan total," kata Rieke dalam keterangannya, Jumat (10/11/2023).

Baca juga : Rieke Diah Pitaloka Rilis Versi Baru Lagu Yaa Lal Wathon

Mengingat peran penting Pahlawan, salah satunya untuk mencegah banalitas kejahatan yang melahirkan manusia banal. Yakni manusia yang tidak mampu bedakan mana yang baik, mana yang jahat. Mana yang beretika dan beradab, dan mana yang tidak.

"Tidak mampu bedakan mana yang indah dan buruk," tuturnya.

Akibatnya, teror dan propaganda yang digunakan sebuah rezim untuk ketertundukan buta atau gehoorzaamheid warga, mereproduksi bukan hanya rasa takut, tetapi juga hilangnya sikap kritis. Akibat lainnya, masyarakat yang terkena virus banal, anggap kekejian hal yang wajar.

Baca juga : 15 Ucapan Hari Pahlawan Untuk Caption Medsos, Bangkitkan Semangat Juang

Sehingga hukum positif dilampaui, tidak berlaku, dan dapat diubah kapan saja tergantung kepentingan.

Diingatkan Rieke, Indonesia 32 tahun pernah ada pada masa kelam seperti ini. Perlawanan merontokkan rezim totaliter menelan banyak korban jiwa, termasuk pada peristiwa jelang Reformasi 1998.

Ditegaskan Rieke, peringatan Hari Pahlawan 2023 bukan saja momentum untuk bangkitkan memori kolektif perjuangan pahlawan yang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga : Jemaah Haul Habib Solo Antusias Sambut Gibran

"Namun, sekaligus mengingat pengorbanan mereka yang gugur dan hilang selama 32 tahun. Rayakan menolak lupa, jangan mau jadi bangsa yang banal," pungkas Rieke.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.