Dark/Light Mode

Ini 6 Tokoh Penerima Gelar Pahlawan Tahun 2023, Presiden FIFA Dapat Bintang Jasa

Jumat, 10 November 2023 14:46 WIB
Presiden Jokowi saat prosesi penyerahan gelar pahlawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11). (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi saat prosesi penyerahan gelar pahlawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional tahun 2023 kepada enam tokoh dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (10/11). 

Penganugerahan ini mengikuti Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 115/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, yang diumumkan pada tanggal 6 November 2023.

Menurut kutipan Keppres, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk penghormatan tinggi atas jasa-jasa luar biasa para tokoh tersebut. 

Baca juga : Ganjar Dan Mahfud Pede Menang Satu Putaran

Mereka diakui atas peran dalam memimpin dan berjuang, baik dalam perjuangan bersenjata, politik, maupun di bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Enam tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2023 meliputi:

  1. Almarhum Ida Dewa Agung Jambe (Provinsi Bali)
  2. Almarhum Bataha Santiago (Provinsi Sulawesi Utara)
  3. Almarhum Mohammad Tabrani (Provinsi Jawa Timur)
  4. Almarhumah Ratu Kalinyamat (Provinsi Jawa Tengah)
  5. Almarhum K.H. Abdul Chalim (Provinsi Jawa Barat), dan
  6. Almarhum K.H. Ahmad Hanafiah (Provinsi Lampung).

Presiden FIFA Dapat Bintang Jasa

Presiden Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada Giovanni Vincenzo Infantino, Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). 

Baca juga : Terima Pengurus PWI DI Istana, Presiden Minta Pers Jaga Pemilu Tetap Damai

Penganugerahan ini berdasarkan Keppres Nomor 70/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama, yang diumumkan pada tanggal 7 Agustus 2023.

Keppres menyatakan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi besar Infantino dalam suatu bidang atau peristiwa tertentu yang memberikan manfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan kebesaran bangsa dan negara. Pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga diakui sebagai upaya yang bermanfaat bagi Indonesia.

Upacara penghargaan ditutup dengan ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo kepada para ahli waris penerima gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023 dan penerima gelar Tanda Kehormatan Republik Indonesia. 

Baca juga : KSPSI Tolak Penetapan Formula Upah Pakai PP 36 Tahun 2021

Hadir dalam acara tersebut, antara lain, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.