Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Pahlawan

Relawan Crivisaya Ganjar Ajak Gen Z Teladani Kepemimpinan Proklamator Indonesia

Jumat, 10 November 2023 22:02 WIB
Relawan Crivisaya Ganjar yang merupakan Alumni Muda Universitas Sriwijaya Unsri dan Universitas Lampung Unila, mengajak generasi muda meneladani kepeimpinan Bapak Proklamator Indonesia sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. (Foto: Ist)
Relawan Crivisaya Ganjar yang merupakan Alumni Muda Universitas Sriwijaya Unsri dan Universitas Lampung Unila, mengajak generasi muda meneladani kepeimpinan Bapak Proklamator Indonesia sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Crivisaya Ganjar yang merupakan Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila), mengajak generasi muda meneladani kepeimpinan Bapak Proklamator Indonesia sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. 

Hal itu dilakukan melalui diskusi publik 'Nilai Kepahlawanan Sebagai Refleksi Pergerakan Pemuda' untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Jumat, 10 November 2023.

Pada diskusi itu, Crivisaya Ganjar membahas kepemimpinan Bung Karno pada masa kemerdekaan Bangsa Indonesia, serta jasa-jasa para pahlawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan.

Atik Sapitri sebagai peserta diskusi menuturkan pandangannya dalam persepsi milenial terkait sosok Bung Karno. Dia mengaku banyak menyerap nilai-nilai perjuangan Bapak Proklamator Bangsa itu.

Baca juga : Asrinidevy: Teladani Nilai Perjuangan, Wujudkan Indonesia Emas

"Bagaimana kita meneladani sosok dari Ir Soekarno, baik dari kepemimpinannya, bagaimana dia menjadi pahlawan, bagaimana perjuangannya dalam kemerdekaan Indonesia," ujar Atik di Taman Pancasila Indralaya, Kecamatan Indaralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel).

Mahasiswi Unsri dari Fakultas Hukum itu menambahkan, para pahlawan Bangsa Indonesia memiliki jasa yang sangat besar dalam mencapai cita-cita rakyat Indonesia.

Oleh sebab itu sebagai generasi muda, kata Atik, harus mengenang dan menyerap nilai-nilai perjuangan para pahlawan untuk kemudian menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia pun berterima kasih kepada sukarelawan Crivisaya Ganjar yang telah mendorong dan mengingatkan generasi milenial dan Gen Z dalam menghormati jasa para pahlawan.

Baca juga : Ganjar Dukung Pembangunan Seni Dan Budaya Indonesia

"Diskusi hari ini sangat luar biasa karena bertepatan pada tanggal 10 November memperingati Hari Pahlawan, yang di mana langkah yang bagus untuk generasi muda dalam menilai perjuangan pahlawan yang telah berjasa untuk negeri kita," ungkap Atik.

Sementara itu Koordinator Daerah Crivisaya Ganjar Ogan Ilir, Ridha Askary menyebutkan Crivisaya Ganjar selalu membawa spirit dan semangat perjuangan yang dilakukan para pahlawan perihal nasionalisme dan patriotisme.

Menurut Askary, mengenang dan meneladani jasa para pahlawan sangat penting bagi generasi muda agar generasi milenial dan Gen Z bisa terus berjuang sesuai perkembangan zaman.

"Kami mengajak pemuda-pemudi untuk merenungkan dan mengetahui terkait perjuangan jasa para pahlawan, karena tidak mungkin kita mendapatkan suatu kemenangan tanpa adanya perjuangan," jelas Askary.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Jateng Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

"Ketika kita ingin berjuang, ada hal yang dikorbankan. Baik itu harta, jiwa dan tenaga sehingga pemuda sekarang bisa lebih peka dan kritis dalam menyikapi permasalahan yang ada di daerah dan di Indonesia," lanjutnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.