Dark/Light Mode

Kementan Tegaskan Keuletan Merawat Kebun Adalah Kunci Sukses Bercocok Tanam

Minggu, 12 November 2023 11:05 WIB
Para narasumber berfoto bersama usai pelaksanaan workshop bertajuk Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan untuk UKMK Petani Sawit Nasional yang digagas Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia MAKSI dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit BPDPKS, Selasa 7/11/2023.
Para narasumber berfoto bersama usai pelaksanaan workshop bertajuk Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan untuk UKMK Petani Sawit Nasional yang digagas Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia MAKSI dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit BPDPKS, Selasa 7/11/2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian, Ardi Praptono menekankan pentingnya merawat kebun dengan baik.

Kata Ardi, keuletan dalam merawat kebun merupakan kunci kesuksesan dari proses bercocok tanam.

Hal itu disampaikan Ardi dalam workshop bertajuk 'Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan untuk UKMK Petani Sawit Nasional' yang digagas Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Baca juga : Kementan Dorong Petani Milenial Malang Genjot Program CSR

"Mengutamakan budaya yang baik dalam merawat kebun adalah kunci untuk petani menghasilkan produksi maksimal," kata Ardi, dalam keterangannya, Minggu (12/11/2023).

Menurut Ardi, penguatan tata kelola perkebunan kelapa sawit rakyat menjadi fokus utama dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas.

"Tujuan utama adalah menumbuhkan dan mengembangkan petani untuk merubah pola pikir dan perilaku, dengan satu tujuan yang sama, kebersamaan menuju peningkatan produksi dan produktivitas," tegasnya.

Baca juga : Relawan Gelar Wisata Religi Dan Ziarah Ke Makam Keramat Priok Dan Empang Bogor

Kata Ardi, workshop ini tidak hanya memberikan wawasan luas terkait sektor kelapa sawit, tetapi juga menginspirasi para peserta dalam menerapkan praktik-praktik terbaik di lapangan.

"Diharapkan acara ini akan menjadi tonggak penting dalam menguatkan penerapan sarana, prasarana, dan budaya yang mendukung peningkatan produksi, produktivitas, dan kesejahteraan petani kelapa sawit di Indonesia," tutur dia.

Sekadar informasi, Ardi Praptono telah menempuh perjalanan karir yang mengesankan sejak bergabung sebagai Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1999.

Baca juga : Menpora Tegaskan Komitmen Pemerintah Kembangkan Sport Tourism

Beliau memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, meraih gelar Sarjana Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Magister Agribisnis dari Universitas Pembangunan Nasional Surabaya (UNESA).

Dengan pengalaman serta komitmennya, Ardi telah menduduki berbagai posisi kunci di Balai Perbenihan dan Direktorat Perlindungan Perkebunan Kementan, sebelum menjabat sebagai Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.