Dark/Light Mode

Deklarasi Nasional Relawan Laju Indonesia

Mahfud: Panca Dharma GAMA2024 Bakal Jadi Basis Perjuangan

Minggu, 12 November 2023 13:04 WIB
Calon Wakil Presiden Cawapres Prof. Mahfud MD menghadiri deklarasi Nasional Laskar Juang Laju Indonesia Ganjar-Mahfud GAMA2024 di Graha Mahameru, Jalan Jemursari 73 Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023). Foto: Istimewa
Calon Wakil Presiden Cawapres Prof. Mahfud MD menghadiri deklarasi Nasional Laskar Juang Laju Indonesia Ganjar-Mahfud GAMA2024 di Graha Mahameru, Jalan Jemursari 73 Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prof. Mahfud MD menghadiri deklarasi Nasional Laskar Juang (Laju) Indonesia Ganjar-Mahfud (GAMA2024) di Graha Mahameru, Jalan Jemursari 73 Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).

Kedatangan Mahfud disambut ratusan kader Laju Indonesia. Alunan shalawat mengiringi Mahfud ke dalam hall tempat dekalarasi. Usai bersalaman, Mahfud lantas mengajak para relawan mengumandangkan shalawat nabi bersama.

Ketua Umum Laju Indonesia Dr. Rieke Diah Pitaloka, mengungkapkan kegembiraannya atas kedatangan Mahfud dalam deklarasi nasional Laju Indonesia. Dikatakan, deklarasi nasional ini sehari setelah momentum Hari Pahlawan 10 November, semakin membangkitkan semangat juang untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Deklarasi langsung ditemani oleh Cawapres kebanggaan kita, Prof. Mahfud MD. Kita harus menang, karena masih banyak yang harus diperjuangkan yang akan kami titipkan ke Pak Ganjar dan Pak Mahfud," pekik Rieke yang juga Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini.

Hadir dalam deklarasi ini, Ketua Laju Indonesia Jawa Timur Fuad Benardi, Wakil Ketua Deputi Kinetic Teritorial TPN Ganjar Mahfud, Mantan Kapolda Jawa Timur, Komjen Pol (Purn) Lucky Hermawan. Selain itu, Adi Sutarwiyono, Ketua TPD Ganjar Mahfud Kota Surabaya, dan ratusan relawan dari berbagai elemen seperti Gerpin, Mantra, Madas, Ikama, Sahabat Ganjar, KBRS Perjuangan, dan simpul lainnya.

Baca juga : Alam Ganjar: Indonesia Comic Con X DG Con 2023 Jadi Ruang Inklusif Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Laju Indonesia pun menitipkan program yang diharap diusung Mahfud MD dalam visi dan misi Capres-Cawapres 2024, yakni Panca Dharma #GAMA2024.

Pertama, memperjuangkan Visi dan Misi Negara Kesatuan Republik Indonesia kembali ke amanat Pembukaan Konstitusi, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kedua, memperjuangkan terwujudnya lima bidang kesejahteraan rakyat, terpenuhinya hak konstitusional rakyat atas sandang, pangan, dan papan, pendidikan dan kebudayaan, kesehatan, pekerjaan yang layak dan lima jaminan sosial, kehidupan sosial, perlindungan hukum dan HAM, serta infrastruktur dan lingkungan hidup yang baik.

Ketiga, memperjuangkan kebijakan pembangunan berbasis riset dan inovasi nasional atau evidence based policy.

Keempat, memperjuangkan lahirnya Big Data Indonesia berbasis Data Desa/Kelurahan Presisi sebagai data dasar kebijakan pembangunan di segala bidang kehidupan.

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Bangun Fasilitas Penerangan Jalan Umum

Kelima, memperjuangkan hadirnya Otonomi Daerah dalam Perspektif NKRI melalui Sistem Pemerintahan Daerah Berbasis Data Presisi.

"Mudah-mudahan, bisa dikomunikasikan sebagai visi dan misi Capres-Cawapres 2024," tutur Rieke sembari menyerahkan piagam Panca Dharma GAMA2024 secara simbolis yang kemudian ditandatangani oleh Mahfud MD.

Selanjutnya, Rieke menyanyikan mars Syubbanul Wathon atau Yaa Lal Wathan bersama Mahfud MD diikuti ratusan relawan yang hadir. Dalam arahannya, Mahfud pertama kali berterima kasih atas dukungan Laju Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya Cawapres Mas Ganjar, menerima dukungan Laju ID dan Panca Dharma GAMA2024. Insyallah akan menjadi basis perjuangan kami berdua jika terpilih. Akan menjadi bagian tema perjuangan Ganjar-Mahfud menuju Indonesia Unggul," tutur Mahfud.

Diingatkan, untuk mewujudkan berbagai program ini, tidak akan mudah dilaksanakan jika tidak punya pemimpin di Pemerintahan yang kuat mengendalikan laju perjuangan. Yakni pemimpin yang bersih dari korupsi dan komitmen dalam penegakan hukum. Sebab, saat ini, orang miskin tidak mendapat perlakuan hukum yang sama. Juga pemimpin yang mengusung pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Batik Tulis Buat Perempuan

Ditambahkan, saat inilah momentum yang sangat tepat untuk melakukan pergantian Pemerintahan secara konstitusional lewat Pemilu. Mahfud pun berpesan kepada relawan untuk turun dan tak takut menerima intimidasi.

"Kalau saudara turun ke kampung, bisikin dan sadarkan rakyat untuk ikut Pemilu. Pilih pemimpin yang benar. Jangan takut terhadap ancaman bahwa kita punya hak untuk memilih. Jangan terbujuk dengan rayuan uang dari pemimpin yang tak punya nilai yang ditawarkan. Sosialisasikan bahwa yang akan membawa amanah ini adalah Ganjar-Mahfud," ajak Mahfud.

Di akhir arahannya, Mahfud mengajak para relawan menyanyikan Indonesia Pusaka. Seluruh relawan ikut menyanyi bersama Mahfud dan Rieke.

Setelah acara deklarasi, sejumlah relawan berebut selfie dengan Mahfud yang dengan ramah meladeni permintaan relawan. Relawan pun antusias membawa pulang berbagai poster Ganjar-Mahfud yang tersebar di lokasi acara untuk dipasang di kediamannya masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.