Dark/Light Mode

Baznas Segera Salurkan Bantuan Dari 15 Lembaga Amil Zakat Untuk Palestina

Kamis, 16 November 2023 12:41 WIB
Ketua Baznas, Noor Achmad (empat dari kanan) saat menerima penyerahan bantuan secara simbolis untuk rakyat Palestina dari 15 perwakilan Lambaga Amil Zakat. (Foto: Istimewa)
Ketua Baznas, Noor Achmad (empat dari kanan) saat menerima penyerahan bantuan secara simbolis untuk rakyat Palestina dari 15 perwakilan Lambaga Amil Zakat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap rakyat Palestina, sebanyak 15 Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Penyerahan bantuan dari 15 LAZ ini dilakukan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LAZ se-Indonesia yang dipimpin langsung oleh Ketua Baznas, Noor Achmad di Discovery Hotel, Ancol, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Noor Achmad merinci total keseluruhan bantuan kepada rakyat Palestina dari LAZ. Dia bilang, sudah ada 37 LAZ yang ikut membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Baca juga : Baznas Ajak Lembaga Amil Zakat Sejahterakan Umat

"Total dana titipan bantuan dari LAZ-LAZ yang terkumpul sebesar Rp 5.991.326.400. Ini akan kami salurkan ke Palestina," kata Noor, dalam sambutannya di Discovery Hotel, Ancol, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Menurut Noor Achmad, Palestina akan menghadapi musim dingin dalam waktu dekat. Karenanya, bantuan kemanusiaan mendesak untuk segera dikirim kepada korban di Gaza, Palestina.

"Di Palestina akan menghadapi musim dingin. Ini tentu menjadi ujian yang berat bagi rakyat Palestina yang sampai saat ini terus mendapat serangan dari Israel," ujarnya.

Baca juga : Brand Lokal d’BestO Donasikan Mobil Ambulan Untuk Warga Palestina

Baznas telah mengirim bantuan kemanusiaan dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan pesawat Hercules yang telah masuk ke Gaza Palestina. Sedangkan tahap kedua menggunakan kapal perang TNI AL.

"Tahap pertama kita telah mengirimkan bantuan sekitar 20 ton menggunakan Hercules. Di tahap kedua, kita mengirimkan 50 ton. Tentu bantuan dari rakyat Indonesia terus kita kirimkan di tahap-tahap selanjutnya," kata Kiai Noor.

Sementara, Direktur Eksekutif LAZ Pesantren Al Azhar, Muhammad Hasan menyampaikan terima kasih kepada Baznas karena telah mewadahi bantuan kemanusiaan dari LAZ-LAZ se-Indonesia yang disalurkan ke Palestina.

Baca juga : Danone Indonesia Serahkan Bantuan Kemanusian untuk Palestina Rp 1 M Melalui LazisNU

"Ini menjadi momentum bersejarah, di mana kita semua berkumpul di sini salah satunya adalah untuk membantu saudara-saudara di Palestina. Kami sangat berterima kasih kepada Baznas yang memfasilitasi penyaluran bantuan ke Palestina," ucap dia.

Dia berharap, bantuan kemanusiaan dari berbagai LAZ dapat bermanfaat bagi masyarakat Palestina. Katanya, bantuan dari Indonesia terus mengalir untuk Palestina menunjukkan wujud solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.

"Tadi disampaikan bahwa di Palestina akan menghadapi musim dingin. Kami berharap lewat bantuan yang disalurkan melalui Baznas bisa setidaknya meringankan beban rakyat Palestina, apalagi saat ini terus mendapat serangan dari Israel," ungkap dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.