Dark/Light Mode

Ada 300 Arsip Di Tokyo

ANRI Kumpulkan Surat Cinta Soekarno Untuk Dewi, Ada Fakta Baru Soal G30S PKI

Jumat, 17 November 2023 15:59 WIB
Kepala ANRI Imam Gunarto (Foto: Antara)
Kepala ANRI Imam Gunarto (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengumpulkan lebih dari 300 arsip dari kediaman istri ke-6 Proklamator RI Soekarno, Ratna Sari Dewi di Tokyo Jepang. Di antaranya, ada sejumlah surat cinta Soekarno untuk Ratna Sari Dewi, dalam periode 1-10 Oktober 1965. Kabarnya, surat itu antara lain berisi fakta baru soal G30S/PKI.

“(Arsip) sudah di Indonesia tapi aslinya masih di sana (Jepang). Nanti pelan-pelan, akan kami bawa juga aslinya,” kata Kepala ANRI Imam Gunarto di sela Agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Denpasar, Bali, seperti dikutip ANTARA, Jumat (17/11/2023).

Baca juga : Polri Dan Masyarakat Adat Dayak Bersatu Kawal IKN

Saat ini, lanjut Imam, pihaknya sedang menyusun sebagian arsip yang sudah dibawa ke Tanah Air, dari kediaman Ratna Sari Dewi di Tokyo, pada pekan lalu.

"Arsip tersebut tergolong baru dibuka, karena selama ini disimpan rapi oleh Ibu Dewi. Belum dibuka ke publik," ucap Imam.

Baca juga : BRI Salurkan Bantuan Sembako Untuk Warga

Saat ini, ANRI sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang untuk memantau dan melanjutkan arsip bersejarah itu.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, dalam surat itu, ada sejarah baru yang belum diungkapkan kepada publik.

Baca juga : Penuh Eksplorasi dan Pembelajaran, Program Berbagi Pengetahuan TPBIS Resmi Ditutup

"Dari curahan hati paling dalam Bung Karno. Bung Karno merasa tidak tahu sama sekali dengan Peristiwa G30S/PKI. Itu dari kami baca suratnya, ini fresh,” tutur Azwar Anas.

"Surat itu tidak boleh dipegang, hanya boleh dibaca. Salah satunya dari hati paling dalam Bung Karno, yang menyatakan tidak tahu menahu tentang G30S/PKI, 'saya tidak tahu tiba-tiba diajak ke sekitar Lubang Buaya terus digeser ke mana'. Seolah-olah memberi kesan beliau terlibat,” ucap Azwar Anas, mengutip petikan isi Surat Bung Karno kepada Ratna Sari Dewi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.