Dark/Light Mode

Duluan Salami Megawati, Jubir TKN: Prabowo-Gibran Buktikan Kesantunan Politik

Kamis, 16 November 2023 17:38 WIB
Capres Prabowo Subianto (kanan) dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Capres Prabowo Subianto (kanan) dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budi Satrio Djiwandono menilai, langkah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatangi dan menyalami lebih dulu para ketua umum (ketum) partai politik, termasuk Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat acara pengundian nomor urut di KPU, pada Selasa (14/11/2023) malam, sebagai sebuah adab ke-Indonesia-an.

Budisatrio mengatakan, Prabowo konsisten antara sikap, perkataan, dan perbuatan soal ajakan berkontestasi secara santun di Pemilu 2024.

Prabowo sudah menunjukkan adab ke-Indonesia-an yang santun dan menghormati orang lain. Meski Megawati, ketum parpol, serta paslon nomor urut lainnya menjadi lawan di Pilpres 2024.

"Prabowo dan Gibran adalah dua sosok negarawan sejati. Keduanya konsisten, antara perkataan, sikap, dan perilaku tentang cara-cara santun yang harus ditunjukkan kepada kawan maupun lawan politik," tutur Budisatrio kepada wartawan, Rabu (15/11/2023).

Politikus Partai Gerindra ini menambahkan, sejak maju sebagai capres di Pemilu 2024, Prabowo sudah meminta seluruh pendukung dan pengusungnya untuk berpolitik dengan santun dan gembira.

Baca juga : TKN: Santuy dan Santun, Sikap Prabowo-Gibran Jadi Teladan Generasi Muda

Bahkan, Budi mengaku Prabowo selalu mengingatkan untuk tidak membalas, jika difitnah atau dijelekkan lawan politik.

"Pak Prabowo selalu berpesan, kalau kami difitnah, tidak perlu dibalas. Jogetin saja," tegasnya.

Prabowo sempat menunjukkan jogetannya, usai berpidato di acara pengundian nomor urut.

Jogetan Prabowo ini membuat seluruh ketum parpol yang hadir di kantor KPU tertawa, termasuk Megawati yang duduk di barisan paling depan.

Sikap santun juga ditunjukkan cawapres Gibran Rakabuming Raka, di acara yang sama.

Baca juga : TKN Prabowo-Gibran: Fitnah Tak Baik untuk Kampanye maupun Kepentingan Bangsa

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menunjukkan jati dirinya sebagai orang Jawa, yang santun dan menjaga adab.

Gibran terlihat menyalami dan membungkuk di depan Ketum PDIP Megawati, yang duduk di antara para ketua umum partai pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Mas Gibran memang orang yang sangat njawani. Terlebih, pada orang yang lebih tua dan dihormati seperti Megawati. Dia tetap menjaga adab sopan santun dan keramahannya, meski sudah jadi lawan politik," ujar Budisatrio.

Terpisah, Gibran mengungkapkan alasannya menghampiri dan menyalami lebih dulu Ketum PDIP Megawati, saat acara pengundian nomor urut. Bahkan, menyempatkan diri untuk ngobrol. Begitu juga Kaesang, yang kini menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Gibran mengaku, Megawati merupakan sosok yang sangat dia hormati.

Baca juga : Deklarasikan Dukungan, Bravo 5 Siap Menangkan Prabowo-Gibran 1 Putaran

"Yang jelas, beliau (Megawati) adalah orang yang saya hormati, orang yang paling dituakan di acara kemarin, otomatis saya harus sungkem dan menyalami beliau. Termasuk, adik saya (Kaesang)," ujar Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (15/11/2023).

Dalam obrolannya dengan Megawati, Gibran mengaku menanyakan kabar dan kesehatan ketum partai berlambang banteng moncong putih itu.

Gibran mengaku sudah lama tidak bertemu dengan Megawati. "Menanyakan kondisi kesehatan Ibu. Itu yang penting," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.