Dark/Light Mode

TKN: Santuy dan Santun, Sikap Prabowo-Gibran Jadi Teladan Generasi Muda

Kamis, 16 November 2023 14:29 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bersikap santuy saat pengundian nomor urut di KPU. (Foto: Instagram Prabowo)
Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bersikap santuy saat pengundian nomor urut di KPU. (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua hari setelah malam pengundian nomor urut Capres-Cawapres, gerak-gerik pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih luwes. Hal ini pun dibicarakan luas di sosial media. Juru Bicara Anak Muda di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rian Ernest, menyebut bahwa hal ini bisa menjadi contoh bagi bagi generasi muda.

“Dua kata untuk Prabowo-Gibran malam itu, santuy dan santun. Ini sangat mewakili sekaligus jadi teladan generasi muda. Santuy sudah ada di jiwa kita anak muda. Namun ternyata tak bisa santuy saja, tapi juga harus santun.” ujar Rian, kepada wartawan, Kamis (16/11).

Baca juga : Deklarasikan Dukungan, Bravo 5 Siap Menangkan Prabowo-Gibran 1 Putaran

Sikap Prabowo yang penuh senyum dan tawa, berbalas pantun, berjoget jenaka, kata Rian, membuat politik menjadi lebih menarik di kalangan anak muda. “Politik jadi enjoyable,” ucapnya.

Dia melanjutkan, sebelumnya anak-anak muda apatis, karena sudah dua Pilpres kesannya berantem terus. “Tapi, malam kemarin Pak Prabowo dan Mas Gibran tampil dengan santuy gemoy. Anak muda mengharapkan ini,” sambung Rian. 

Baca juga : Prabowo-Gibran Paparkan 8 Tantangan Strategis

Tidak hanya berhenti di santuy, kata Rian, hal yang lebih menarik adalah ketika Prabowo-Gibran mengajarkan soal ada adab dan kesantunan. “Kita bisa melihat bersama, bagaimana Pak Prabowo menghampiri semua paslon dan tamu dengan sikap hormat. Memberi salam terlebih dahulu, meski dari semua calon Pak Prabowo sebenarnya yang paling senior,” ucap Rian.

Rian melanjutkan, Gibran juga menunjukkan kesantunannya. “Yang paling ikonik tentu ketika memberi hormat dan mengantarkan adiknya untuk sungkem ke Bu Mega. Ini benar-benar sebuah adab yang mesti kita, anak muda, teladani,” ucapnya.

Baca juga : Bang Zaki Ditunjuk Jadi Panglima Pemenangan Prabowo-Gibran Di Jakarta

Jika politik santuy dan santun ini berlanjut, Rian meyakini masa depan politik Indonesia akan cerah. “Kita harapkan politik bisa terus begini, santuy dan santun. Bukan berantem. Dengan begitu anak muda jadi berani masuk dan berkarya dalam politik,” harapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.