Dark/Light Mode

Di Tengah Aksi Kekerasan KKB, TNI-Polri Terus Mengabdi Di Papua

Jumat, 17 November 2023 20:27 WIB
Personel Satuan Tugas Pengaman Perbatasan RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/TS, membantu tenaga kesehatan dari puskesmas terdekat di Kampung Kalibom Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (16/11/2023). Foto: Istimewa
Personel Satuan Tugas Pengaman Perbatasan RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/TS, membantu tenaga kesehatan dari puskesmas terdekat di Kampung Kalibom Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (16/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam sepekan terakhir, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan tindakan brutal dan tidak manusiawi.

Dari pembakaran sekolah, puskesmas hingga menelan korban tak berdosa. Seperti membakar Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 1 Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Sabtu (11/11/2023).

Padahal sekolah adalah fasilitas umum untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.

Di tengah melindungi dan menjaga kondusifitas sebagian daerah Papua tersebut, aparat keamanan terdiri dari TNI-Polri meluangkan waktu untuk pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga : Ignasius Jonan Terima Penghargaan Dari Paus

Personel Satuan Tugas Pengaman perbatasan RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/TS, yang berada di bawah Kolakopsrem 172/PWY, Pos Kalibom membantu tenaga kesehatan dari puskesmas terdekat. Terletak di Kampung Kalibom Kabupaten Keerom, Papua, (16/11/2023).

"Dengan berkolaborasi tenaga kesehatan dari Puskesmas dapat membantu pelayanan kesehatan dengan maksimal di setiap bulannya. Sekaligus pendekatan terhadap warga masyarakat di Kampung Kalibom," ujar Komandan Pos (Danpos), Rangga Pratama.

Satgas penjaga perbatasan tersebut, selain memberikan pelayanan kesehatan, membagikan bubur kacang hijau. Hal itu sebagai upaya menambah asupan gizi kepada anak-anak balita.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi. Dia mengatakan bahwa selain melaksanakan tugas pokok; menjaga teritorial, mereka juga melaksanakan untuk mengabdi, mengayomi, dan melayani masyarakat.

Baca juga : Kebebasan Beragama Harus Terus Dilindungi

"Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman. Tampak masyarakat antusias dan senang karena kegiatan tersebut. Bisa membantu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan," imbuhnya.

Pengabdian serupa dilakukan oleh Satuan Tugas Pengaman perbatasan RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/T di bidang pendidikan.

"Salah satu pengabdian prajurit di bidang pendidikan, untuk mencerdaskan generasi bangsa dengan memberikan tenaga didik (gadik), membagikan perlengkapan sekolah, dan akomodasi, sebagai upaya memberikan motivasi semangat untuk anak-anak di daerah perbatasan," ujar Dansatgas Yonif Mayor Inf Diki Apriyadi, S.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan juga oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menggelar Bakti Religi dalam rangka memperingati HUT ke-68 Korps Lalu Lintas Bhayangkara.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Selasa 14 November Hadir Di Polsek Bantargebang

Acara ini diselenggarakan di Vihara Skyland, Pura Agung Suryahuvana Kotaraja, Gereja Sion Dok 8, dan Masjid Walesi Angkas Jayapura pada Jumat (8/9).

"Bakti Religi yang kita laksanakan hari ini merupakan wujud kepedulian Polri dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan fokus pada tempat-tempat ibadah," ujar Iptu Arnius dari Ditlantas Polda Papua.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.