Dark/Light Mode

Tekan Risiko Kecelakaan

Relawan Ganjar Edukasi Safety Driving Ke Sopir Truk Di Jakarta

Sabtu, 18 November 2023 16:07 WIB
Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk dalam Pelatihan Keselamatan Berkendara Safety Driving di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023). (Foto: Ist)
Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk dalam Pelatihan Keselamatan Berkendara Safety Driving di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kecelakaan lalu lintas terjadi akibat berbagai faktor mulai dari kondisi kendaraan yang tidak layak jalan, faktor pengendara yang kelelahan hingga persiapan tidak maksimal.

Faktor-faktor tersebut diingatkan oleh para sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk dalam Pelatihan Keselamatan Berkendara (Safety Driving) di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023).

“Kami hari ini ada kegiatan pelatihan untuk sopir-sopir. Safety driving kami kasih tahu sopir supaya di jalan mereka sesuai dengan aturan pemerintah berkendaranya,” kata Koordinator Wilayah KST Jakarta, Amirul Amin.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah kecelakaan lalu lintas melibatkan kendaraan angkutan barang seperti truk, menduduki peringkat kedua setelah sepeda motor, dengan angka 12 persen dari total kecelakaan pada 2022.

Baca juga : Wapres Tanggapi Kecelakaan 2 Pesawat TNI AU Yang Jatuh Saat Latihan Di Pasuruan

Kondisi itupun tak hanya menimbulkan korban jiwa dan luka-luka dari kalangan sopir maupun warga lainnya, tetapi juga kerugian materil yang sangat mahal dan merugikan para pengusaha.

Oleh karena itu, Amin dan para sukarelawan KST menekankan pentingnya persiapan yang matang pada kendaraan maupun sopir yang akan bertugas membawanya.

“Yang perlu diperhatikan juga sebelum berkendara seperti air (radiator), oli, tekanan ban, kapasitas ban, kapasitas muatan itu berapa banyak. Itu sudah kita edukasi ke semua peserta tadi yang datang,” katanya.

Menurut Amin, persiapan itu perlu dilakukan tak hanya oleh sopir tapi juga pihak pemilik atau pengelola kendaraan yang akan digunakan untuk membawa barang-barang perniagaan.

Baca juga : Relawan Ganjar Creasi Latih Masyarakat Probolinggo Produksi Biobriket

Sehingga, saat terjadi kecelakaan lalu lintas melibatkan truk angkutan barang publik tidak hanya menyalahkan sopir tetapi juga pihak pemilik atau pengelola kendaraan yang digunakan.

“Sopir itu karena memang di Indonesia masih (dinilai sebagai) pekerjaan yang bawah, dianggap sebelah mata. Pemilik mobil, yang mempekerjakan (sopir) juga masih sering melalaikan (aturan keselamatan),” ujar Amin.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Safety Driving bernama Irvan Nugraha mengatakan faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang perlu diantisipasi sopir adalah kelelahan.

Dalam bertugas, dia mengaku bisa mengendarai truk angkutan barang ke luar daerah dengan waktu tempuh di atas enam jam sehingga membuatnya kelelahan.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Tebar Inspirasi Sehat Ke Ratusan Lansia Di Banten

“Biar tak capek biasanya kita istirahat setiap empat jam sekali istirahat. Istirahat cukup kalau mulai lelah biar konsentrasi tidak terganggu ya istirahat dulu di tempat-tempat yang sudah ditentukan (layak),” katanya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.