Dark/Light Mode

Pj Gubernur Jateng: 10.453 Pelari Bakal Ramaikan Borobudur Marathon

Minggu, 19 November 2023 09:40 WIB
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kanan) saat Konferensi Pers Borobudur Marathon di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kanan) saat Konferensi Pers Borobudur Marathon di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 10.453 orang pelari bakal meramaikan event Borobudur Marathon di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (19/11/2023).

Event tahunan ini akan diikuti pelari baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Ini menjadi event tahunan. Dan ke depan kita harapkan akan semakin meningkat. Harapannya ke depan akan menjadi event internasional," kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat Konferensi Pers Borobudur Marathon di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Sabtu (18/11/2023).

Nana menjelaskan, Saat ini Borobudur Marathon merupakan event lari terbaik di tingkat nasional.

Baca juga : Jabat Pj Gubernur Babel Baru, Safrizal Fokus Kondusifkan Pemerintahan

Ia meminta agar penyelenggaraan ke depan bisa ditingkatkan ke level internasional, seperti Tokyo Marathon atau Berlin Marathon.

Untuk mewujudkannya, tentu penyelenggaraannya harus lebih profesional dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Dalam event ini, penyelenggara Borobudur Marathon adalah Bank Jateng bekerja sama dengan Harian Kompas.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan, pada kegiatan ini menghadirkan Delegasi Teknis dari Asosiasi Marathon Dunia, Richard Welsh.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng: Jaga Integritas, Penyelenggara Pemilu Sukseskan Pesta Demokrasi

Richard akan mengeveluasi semua persiapan dan penyelenggaraan Borobudur Marathon.

Dia bercita - cita Borobudur Marathon menjadi salah satu event atletik berlabel internasional.

"Mengapa itu penting? karena kita ingin meningkatkan Borobudur Marathon pada level standar internasional," ujar Budiman.

Lebih lanjut, Budiman menyampaikan, kompetisi utama Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng terbagi menjadi tiga kategori. Yakni 10 K, half maraton (21 K) dan marathon (42 K).

Baca juga : Pj Gubernur Jateng Kagum Jenderal Hoegeng Adalah Sosok Pemimpin Berintegritas

Kategori 10 K diikuti 4.159 orang, half marathon 4.646 orang dan marathon sebanyak 1.663 orang. Sehingga, total pelari yang bergabung sebanyak 10.453 orang.

"Dari seluruh jumlah peserta, 78 di antaranya merupakan pelari dari 24 negara," pungkas Budiman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.