Dark/Light Mode

Mungkin Beda Jalan Di Pilpres

Para Menteri Masih Setia Kawal Jokowi

Senin, 20 November 2023 08:20 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana di internal Kabinet Indonesia Maju (KIM) saat ini, pastinya berbeda saat sebelum masuk tahun politik. Para menteri yang berasal dari parpol memilih jalan berbeda-beda dalam mendukung Capres-Cawapres, sesuai pilihan parpolnya tempatnya bernaung. Kendati berbeda pilihan di Pilpres, para menteri masih setia kawal Presiden Jokowi hingga akhir masa jabatannya.

Seperti diketahui, komposisi KIM berasal dari unsur politisi dan profesional. Para menteri berlatar belakang politisi merupakan kader dari partai koalisi pendukung pemerintah. Yakni PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PAN dan PPP.

Baca juga : Swarna 2023: Malam Apresiasi Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Sementara untuk Pilpres 2024, parpol koalisi pendukung pemerintah sudah terpecah-pecah. NasDem dan PKB membentuk Koalisi Perubahan bersama PKS dengan mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai Capres-Cawapres.

Partai Golkar bersama Gerindra dan PAN, membentuk Koalisi Indonesia Maju dengan merekrut beberapa partai non parlemen di dalamnya. Koalisi yang terdiri dari banyak parpol ini sudah resmi mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Capres dan Cawapres.

Baca juga : Pilpres 2024 Jangan Dipenuhi Buruk Sangka

Sisanya, PDIP mengajak PPP serta Hanura dan Perindo membentuk Koalisi Indonesia Unggul. Pasangan Capres-Cawapres yang diusung adalah Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan nomor urut 2.

Dari koalisi perubahan, tercatat ada 4 menteri yang mewakili partsinya. Yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dari NasDem. Sedangkan tiga lainnya berasal dari PKB, yaitu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Baca juga : Musim Saling Lapor Telah Tiba, Pilpres Mulai Memanas

Dari koalisi pendukung Prabowo-Gibran, ada 6 menteri yang mewaki partainya. Yaitu, Menteri Pertahanan yang juga Capres, Prabowo Subianto (Gerindra), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Golkar), Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Golkar), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (Golkar), Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (Golkar), dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (PAN).

Jumlah ini belum termasuk Wakil Menteri yang berasal dari KIM. Misalnya, Wakil Menteri Tenaga Kerja Adriansyah Noor dan Wakil Menteri Pertanahan Raja Juli Antoni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.