Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prihatin Anggota BPK Tersandung Korupsi, GMKI: Mencoreng Lembaga Negara

Senin, 20 November 2023 17:18 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jefri Gultom angkat bicara usai anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersandung kasus korupsi proyek menara pemancar atau BTS 4G.

"Hari ini kita sangat berduka mendengar kabar anggota BPK tersandung kasus korupsi, padahal yang kita ketahui bersama tugas BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara," kata Jefri Gultom, Senin (20/11/2023).

Anggota BPK dari partai politik (parpol) kini terseret dalam pusaran kasus dugaan korupsi adalah Achsanul Qosasi, yang ditangani Kejagung.

Baca juga : Kejagung Sita Valas Hingga Polis Asuransi

Ada juga, PL yang ruangannya diegeledah KPK terkait dugaan korupsi pengondisian temuan audit pada laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

“Hal ini sangat mencoreng nama baik lembaga BPK," tegas alumni pascasarjana Universitas Indonesia (UI) ini.

Selama ini, kata Jefri, tak jarang juga kita melihat ada beberapa kasus, hasil pemeriksaan BPK dikeluarkan dengan penilaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

Baca juga : Terus Bongkar Korupsi Kakap, Kejagung Sedang Harum-harumnya

Namun, pada perjalanannya, kepala daerahnya juga tersandung korupsi.

Tentu ini menjadi catatan buruk juga dari hasil kinerja BPK selama ini.

“Jadi wajar kalau kita curiga juga dengan kinerja pengauditan yang dilakukan oleh BPK, hal ini harus menjadi catatan penting bagi BPK," ungkapnya.

Baca juga : Tersangka Korupsi Dipasang Gelang GPS

Jefri meminta penegak hukum memeriksa sembilan anggota BPK tersebut agar semuanya clear.

“Dengan begitu, nama lembaga BPK kembali membaik dan dipercayai oleh publik, karena dengan dua orang anggota BPK ini tersandung korupsi, menghancurkan nama baik BPK RI," tutup Jefri Gultom.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.