Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Thailand Bangga Pamerkan Lukisan Kolaborasi Seniman Dua Negara

Jumat, 6 Oktober 2023 02:45 WIB
Dubes Rachmat Budiman tengah menyaksikan pameran lukisan kolaborasi seniman Indonesia dan Thailand, di Bangkok, Thailand, 4 Oktober 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/KBRI Thailand)
Dubes Rachmat Budiman tengah menyaksikan pameran lukisan kolaborasi seniman Indonesia dan Thailand, di Bangkok, Thailand, 4 Oktober 2023. (Foto Harian Rakyat Merdeka/KBRI Thailand)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lukisan 10 seniman ternama Indonesia ditampilkan dalam pameran bertema "Collaborative Painting Exhibition: Blossoming Curiosity" di Galeri Nasional Thailand, Bangkok. Sebanyak 10 seniman Indonesia berkolaborasi dengan 10 pelukis ternama Thailand. Pameran ini akan berlangsung dari 4 hingga 29 Oktober 2023.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman membuka Pameran Lukisan Bersama Indonesia dan Thailand yang digelar di Galeri Nasional Thailand, Bangkok, Rabu (4/10). Selain Rachmat, turut hadir Ketua Parlemen Thailand Muhammad Noor Mata dan Wakil Menteri Kebudayaan Thailand, Phonpoom Vipattipumiprate.

“Pada pameran kali ini para pelukis dari kedua negara menuangkan ide, kreativitas dan interpretasi mereka mengenai gaya hidup, emosi, dan cara berpikir, serta keunikan budaya masyarakat kedua negara yang dituangkan melalui berbagai keindahan lukisan dengan gaya masing-masing,” ungkap Rachmat, dalam keterangannya.

Baca juga : Tarian Nusantara Meriahkan Peresmian Amigos De Indonesia

Pameran lukisan seniman Indonesia-Thailand ini merupakan kelanjutan pameran lukisan tahun lalu, yang berjudul “the Bridge of Color”. Komposisi pelukis Indonesia yang mengikuti pameran di Bangkok tahun ini terdiri dari lima pelukis pria dan lima pelukis wanita, begitu juga pelukis dari Thailand.

Adapun 10 seniman dari Indonesia yang mengikuti pameran lukisan pada tahun ini adalah Bunga Jeruk, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Lucia Hartini, Mola, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, Theresia Agustina.

Sedangkan 10 seniman Thailand, yakni Banlu Wiriyapornprapas, Jiamchan Changkonghom, Phattharaporn Leanpanit, Phunsee Srisuphar, Pittawan Suwapab, Sita Inyai, Somsak Chowtadapong, Ruksucha Chompoobut, Suchart Vonthong, dan Thongchai Rakpathum.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Turki Bercengkrama Dengan Masyarakat Indonesia

“Pameran ini merupakan ajang yang bagus bagi para seniman dan publik kedua negara untuk saling memahami kebudayaan satu sama lain. Khususnya mengingat sebagai sesama negara ASEAN, kedua negara saling berbagi kesamaan,” kata Direktur Divisi Urusan Internasional Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand Dr Panupak Pongatichat.

Eratkan Persahabatan Kedua Negara

Wakil Menteri Kebudayaan Thailand, Phonpoom Vipattipumiprates mengapresiasi KBRI Bangkok, atas penyelenggaraan kegiatan pameran lukisan bersama tersebut. Ia berharap, pameran ini akan meningkatkan saling pengertian dan penguatan persahabatan kedua negara.

“Banyaknya kesamaan karakteristik identitas kedua negara. Seperti kekayaan sejarah, agama, seni dan budaya serta makanan dan gaya hidup telah mendorong penguatan people to-people contact dan menjadi fondasi yang kuat untuk penguatan kerja sama dan persahabatan kedua negara,” ujar Phonpoom.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Kamboja Ajak Pengusaha Kamboja Ke TEI Dan Halal Expo

Dubes Rachmat selanjutnya mengajak Wakil Menteri Kebudayaan Thailand dan Direktur Divisi Urusan Internasional Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand untuk melihat pameran. Harapannya, pameran ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat kedua negara untuk memahami lebih dalam cara ber￾mpikir, gaya hidup serta kekayaan dan keunikan seni budaya di dari kedua negara.

Sebelumnya, 10 seniman Indonesia telah melakukan residensi, dengan mengikuti program kebudayaan KBRI Bangkok selama dua minggu sejak 21 September 2023. Dua puluh seniman dari kedua negara ini melakukan workshop dan diskusi mengenai seni lukis, melukis langsung di lokasi-lokasi tertentu dan berpameran bersama dengan 10 pelukis ternama Thailand.

Selain melakukan pameran bersama, mereka juga melakukan kolaborasi dalam membuat dua karya lukisan masing-masing berjudul “Chang-Gajah” dan “Garuda-Garuda”. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.