Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Ide Usaha Rumahan

Warga Antusias Belajar Bikin Lele Asap Bersama Relawan Wong Kito Ganjar

Rabu, 22 November 2023 12:00 WIB
Warga Banyuasin sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan ikan lele asap yang diselenggarakan sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar, Selasa (21/11/2023). (Foto: Ist)
Warga Banyuasin sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan ikan lele asap yang diselenggarakan sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar, Selasa (21/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Banyuasin sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan ikan lele asap yang diselenggarakan sukarelawan Wong Kito Dewe dukung Ganjar pada Selasa (21/11/2023). 

Pelatihan yang diselenggarakan di Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan itu mendapatkan sambutan hangat dari warga setempat. 

Hamsir selaku tutor dalam pelatihan tersebut mengatakan dirinya sudah hampir 10 tahun berkecimpung di dunia usaha ikan lele asap. Menurut dia, cara pembuatan ikan lele asap sangatlah mudah. 

Baca juga : Air Bersih Aliri Desa Tablolong NTT, Warga Apresiasi Relawan Pandawa Ganjar

Ikan lele segar awalnya dibelah menjadi dua bagian, lalu dicuci dengan air bersih, kemudian disusun rapi di atas tungku pengasapan. Nantinya, hasil olahan ikan lele asap ini bisa awet selama 5 hingga 6 bulan. 

"Kita berharapnya ikan lele ini omzetnya bisa lebih besar lagi ke luar wilayah, jangan hanya di Palembang saja," kata Hamsir. 

Sementara itu, salah seorang peserta bernama Sri mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan yang dihelat Wong Kito Dewe. Dia menilai, pelatihan tersebut sangat bermanfaat dan dapat menambah keterampilan warga dalam mengolah ikan lele. 

Baca juga : Livienne Russellia Antusias Gelar Bakti Sosial Bersama Hubad Di Depok

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di sini. Karena dengan pelatihan ini masyarakat tahu cara mengelola ikan lele menjadi ikan asap," ungkap Sri. 

Dia bahkan berniat untuk membuka usaha pembuatan ikan lele asap ke depannya. Selain modalnya yang terbilang cukup murah, proses pembuatan ikan lele asap juga sangat mudah.

"Ya saya kepikiran karena modalnya tidak cukup besar, cara membuatnya juga mudah. Hasilnya menguntungkan," lanjut dia. 

Baca juga : Relawan Ganjar Bela Palestina Lewat Doa Bersama Dan Pelatihan Desain Grafis

Sri pun kemudian mengungkapkan segenap harapannya untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029.

"Harapannya bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, perekonomian lebih meningkat, dan angka pengangguran berkurang," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.