Dark/Light Mode

Wapres Maruf Hadiri Silatnas Hidayatullah Secara Virtual, Ini Pesan Pentingnya

Kamis, 23 November 2023 17:12 WIB
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (Foto: Khairizal Anwar/RM.ID)
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (Foto: Khairizal Anwar/RM.ID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menekankan pentingnya mental kebangsaan yang unggul, berkarakter, beradab, dan agamis sebagai landasan moral pembangunan Indonesia. 

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf dalam Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah secara virtual. Ia mengapresiasi kontribusi ormas Islam ini dalam mengukuhkan pilar-pilar stabilitas dan kerukunan antarumat beragama.

Wapres menilai Hidayatullah merupakan ormas Islam yang aktif membentuk wawasan dan komitmen guna memajukan umat Islam di Indonesia. Ia menyoroti konsistensi Hidayatullah dalam menyebarkan ajaran harmoni dan kerukunan antarumat beragama, perdamaian, kasih sayang, dan keadilan dengan berpegang pada nilai-nilai Islam yang moderat dan konstruktif.

"Saya berterima kasih atas konsistensi Hidayatullah dalam mempromosikan nilai-nilai Islam wasathiyah, yakni Islam yang santun, damai, toleran, dan berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa," lanjut Wapres.

Mantan Ketua MUI ini berpesan agar semangat dan tekad mulia Hidayatullah dijaga oleh generasi penerusnya. Selain itu, ia mendorong ormas Islam, termasuk Hidayatullah, untuk aktif dalam pengembangan ekonomi syariah demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang lebih adil, makmur, dan bermartabat.

Baca juga : 459 Peserta Hadiri Pertikawan Regional Bali Nusa Tenggara 2023, Ini Pesan LHK

"Kolaborasi semua ormas Islam dalam memperkuat jaringan ekonomi syariah sangat penting untuk mempercepat kemajuan dan kesejahteraan umat," tambah Wapres.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengucapkan selamat milad ke-50 kepada Hidayatullah. Ia berharap organisasi ini tetap menjadi pionir dalam memperkuat komitmen keumatan dan kebangsaan serta menjadi penjaga perjalanan bangsa di masa mendatang.

Selain Wapres, Wakil Menteri Agama Gus Saiful yang turut hadir di acara tersebut, meyakini bahwa Hidayatullah telah mempraktikkan konsep-konsep moderasi beragama selama 50 tahun. Ia mengajak kader untuk menjaga kebersamaan dan ukhuwah islamiah menghadapi tantangan, khususnya menjelang pemilihan umum 2024.

"Dapat menjaga kesejukan dan kedamaian di tengah dinamika politik yang mungkin saja muncul,” imbau Gus Saiful.

Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menilai Silatnas Hidayatullah merupakan momentum berharga untuk memperkuat tali persaudaraan, meningkatkan keimanan, serta menggalang sinergi dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik. 

Baca juga : Apresiasi Baznas, MUI Telah Salurkan Bantuan Untuk Rakyat Palestina Rp 48 Miliar

Akmal mengapresiasi peran Hidayatullah sebagai pelopor pembangunan spiritual sosial kemasyarakatan dan menjaga keberagaman dengan semangat ukhuwah islamiah.

"Saya mengapresiasi langkah Hidayatullah yang senantiasa berupaya menjadi pelopor dalam pembangunan spiritual sosial kemasyarakatan serta menjaga keberagaman dengan semangat ukhuwah islamiah di Provinsi Kalimantan Timur dan di Indonesia pada umumnya," ujar Akmal.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Nashirul Haq menegaskan komitmen organisasi untuk membangun persatuan umat dalam kerangka solusi terbaik demi kemaslahatan umat dan bangsa. 

Hidayatullah sebutnya, terus mendorong terwujudnya persatuan umat sebagai kunci kekuatan dan kesuksesan dalam membangun peradaban Islam.

"Hidayatullah terus berkomitmen menajamkan visinya membangun peradaban Islam, yakni terwujudnya nilai-nilai iman dalam seluruh aspek kehidupan," tandasnya.

Baca juga : Bertemu Tokoh Masyarakat Kab. Batu Bara, Ganjar Tegaskan Pentingnya Kerukunan

Sebagai informasi, Silatnas Hidayatullah 2023 bertepatan dengan milad ke-50 organisasi ini dengan tema "50 Tahun Bersama Umat Membangun NKRI yang Beradab." 

Acara di Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, diikuti oleh 20 ribu da’i/da’iyah dari seluruh pelosok nusantara. 

Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi turut hadir dalam kesempatan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.