Dark/Light Mode

Profil Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAD Baru Yang Bikin Luhut Terharu

Rabu, 29 November 2023 18:20 WIB
Presiden Jokowi saat pelantikan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat pelantikan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo baru saja melantik Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI. 

Saat pelantikan di Istana Negara, Rabu (29/11), momen haru terlihat ketika Maruli merangkul mertuanya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan. Mata Luhut saat itu berkaca-kaca.

Siapa sebenarnya Jenderal Maruli ini? Berikut Profil singkatnya:

Maruli Simanjuntak, yang kini menyandang pangkat Jenderal TNI, memiliki latar belakang karier militer yang cemerlang. 

Baca juga : Pak Luhut Dulu Punya Cita-Cita Jadi KSAD, Sekarang Cukup Mantunya Saja

Sejak lulus dari Akademi Militer pada tahun 1992, Maruli telah menempati berbagai jabatan strategis di Korps Baret Merah. 

Pengalamannya meliputi Komandan Batalyon 21 Grup 2 Kopassus, Wakil Komandan Grup 1 Kopassus, hingga menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada tahun 2014.

Prestasi Maruli Simanjuntak juga terlihat ketika ia menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Solo pada tahun 2016. Pada periode tersebut, Maruli meraih Penghargaan Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional.

Baca juga : Jenderal Maruli Tegaskan TNI AD Netral Di Pemilu, Yang Melanggar Di Sanksi

Selanjutnya, perjalanan karier Maruli terus menanjak, ia menduduki berbagai jabatan penting. Mulai dari Wakil Komandan Paspampres, Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro, hingga menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana pada tahun 2020. 

Puncak karier sebelum menjadi KSAD adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) pada awal tahun 2022.

Pria yang lahir pada 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat ini adalah anak ketiga dari lima bersaudara dari keluarga Batak yang merantau ke Jawa. Ayahnya adalah seorang guru, sementara ibunya seorang perawat. 

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Jadi Kepala Staf AD

Maruli menikah dengan Paulina Panjaitan, Putri Luhut Pandjaitan sejak tahun 1999. Keduanya kini memiliki dua anak, yakni Faye Simanjuntak dan Noah Simanjuntak.

Sebagai KSAD, kini Maruli menjadi sosok sentral dalam kepemimpinan Angkatan Darat. Seluruh rakyat Indonesia menantikan gebrakan Jenderal TNI-AD yang baru ini!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.