Dark/Light Mode

Kolaborasi Seniman Indonesia-Thailand Bikin Lukisan Gajah Dan Garuda

Rabu, 4 Oktober 2023 13:44 WIB
Kolaborasi Seniman Indonesia-Thailand Bikin Lukisan Gajah Dan Garuda

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepuluh seniman Indonesia dan sepuluh seniman Thailand berkolaborasi menciptakan karya lukisan ikon dari masing-masing negara yang diberi judul berjudul “Chang-Gajah” dan “Garuda-Garuda”. Kolaborasi ini dilakukan dalam rangka promosi pertukaran budaya kedua negara.

Kesepuluh seniman Indonesia melakukan residensi mengikuti program kebudayaan KBRI Bangkok selama dua minggu sejak 21 September 2023. Selama residensi, para seniman tersebut melaksanakan serangkaian kegiatan, antara lain workshop dan diskusi mengenai seni lukis, melukis langsung di lokasi-lokasi tertentu dan berpameran bersama dengan sepuluh pelukis ternama Thailand.

Baca juga : Golden Future Indonesia Beri Bantuan untuk Ribuan Korban Gempa Maroko

"Kegiatan ini merupakan upaya KBRI Bangkok untuk mengajak publik, khususnya generasi muda kedua negara untuk menjadikan seni sebagai salah satu sarana kerja sama yang dapat menembus halangan batas, bahasa dan kebudayaan,” kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Achmad Wicaksono dalam keterangannya, (3/10).

Kegiatan workshop dan diskusi mengenai seni lukis dilaksanakan di empat lokasi, yaitu di Sekolah Indonesia Bangkok, Bunditpatanasilpa Institute, Silpakorn University, Poh Chang University, dan di KBRI Bangkok. Sepuluh seniman Indonesia yang menjadi nara sumber yaitu Bunga Jeruk Permata Pekerti, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Lini Natalini Widhiasi, Mola, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, dan Theresia Agustina S.

Baca juga : Maybank Indonesia Luncurkan Layanan Shariah Wealth Management

Sementara itu, sepuluh seniman Thailand terdiri dari Banlu Wiriyapornprapas, Jiamchan Chankhonghom, Pattharaporn Leanpanit, Phunsee Srisuphar, Pittawan Suwapab, Raksucha Chompoobut, Somsak Chowtadapong, Suchart Vongthong, Sita Inyai, dan Thongchai Rakpathum.

Total peserta di keempat lokasi berjumlah sekitar 150 orang. Mereka terdiri dari parabpelajar, mahasiswa dan dosen dari sejumlah perguruan tinggi di Thailand. Melalui workshop dan diskusi, peserta diperkenalkan mengenai sejarah seni lukis kedua negara, gaya melukis para seniman dan karya-karyanya.

Baca juga : Pembuktian Sananta

Rangkaian kegiatan ini merupakan ajang pengantar perkenalan 20 seniman kedua negara yang akan memamerkan hasil karya mereka pada Indonesia-Thailand Collaborative Painting Exhibition, 4-29 Oktober 2023 di National Gallery of Thailand, Bangkok.

Pameran lukisan tersebut merupakan salah satu rangkaian Trade, Tourism, Investment and Cultural Forum yang digelar KBRI Bangkok sepanjang tahun 2023 untuk mempromosikan perdagangan, pariwisata, investasi dan kebudayaan Indonesia di Thailand.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.